Musik 90-an Masih Digemari

TEMBANG LAWAS: Meskipun sudah lama, tapi musik 90-an masih digemari oleh sejumlah mahasiswa.

RADAR JEMBER.ID – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian Universitas Jember (Unej) menggelar aksi musik era tahun 90-an.

IKLAN

Bagi mereka, musik di tahun tersebut banyak menyimpan makna. Kedalaman isi yang terdapat di setiap lirik lagu ternyata selalu menyimpan kisah di baliknya. Hal itulah yang menyebabkan sejumlah mahasiswa tersebut menggelar konser musik dengan tajuk Retro Fest.

Pengurus UKM Kesenian, Ika Anisa Putri mengatakan, konser musik yang sengaja di gelar tersebut ingin menghormati karya emas musisi Indonesia. Dia juga mengaku karena sangat mengagumi tingkat kedalaman isi dan maknanya. ”Meskipun lagu lama, namun jika dinyanyikan ulang terasa masih asyik dan sesuai zaman,” jelasnya.

Secara umum yang dipentaskan bukan hanya lagu milik satu musisi saja, melainkan hampir semua lagu yang terkenal era 90-an. Dengan menggelar konser musik tersebut, pihaknya berharap agar mampu meniru hasil karya dari para seniman dahulu.

“Kami ingin belajar karya mereka. Karena hampir setiap lagu era itu, pasti ada makna yang tersurat,” tutur Ika, panggilan akrabnya.

Meskipun sudah masuk era milenial, kata dia, musik era 90-an masih menjadi nomor satu. Hal itu karena tingkat kecerdasan musisi, serta zaman yang membentuk mereka. Tahun tersebut, lanjut dia, merupakan zaman yang masih sulit. Belum ada teknologi seperti sekarang ini. Namun, pihaknya merasa salut, karena hasil karya yang sangat memuaskan. “Kalau zaman sekarang, lagu-lagunya cukup membosankan. Tidak ada pesan moral yang disampaikan,” klaim dia.

Pihaknya berharap, konser tersebut bisa menjadi motivasi bagi generasi muda. Agar mampu berkarya dalam bentuk apa pun, bahkan tidak harus terkenal pun tetap harus memiliki karya. “Kami semua ingin menjadi bagian dari seniman yang andal. Minimal bisa memiliki karya sendiri,” pungkasnya. (*)

Reporter :

Fotografer : istimewa

Editor : Hadi Sumarsono