Lebih Lancar di Awal Puasa

RADAR JEMBER.ID – Suasana lengang terjadi pada hari pertama puasa. Jalanan pun jauh dari namanya kemacetan. Bahkan, mereka yang mengurus administrasi kependudukan juga merasakan berkah indahnya bulan Ramadan. Ya, antrean Dispenduk Capil cukup singkat pada hari pertama puasa.

IKLAN

Ulumiah, warga Ledokombo, tampak lega saat masuk ke halaman Dispenduk Capil. Dia datang sekitar 11.00 dan antreannya tidak panjang. “Kalau sebelum puasa datang siang seperti ini, bisa pulang paling terakhir,” tuturnya. Sampai duduk di depan pintu masuk Dispenduk Capil, setidaknya Ulumiah membutuhkan waktu sekitar satu jam. Pantauan Radarjember.id, warga yang antre ke Dispenduk tersebut lebih banyak diam atau bermain gawai (gadget).

Seketaris Dispenduk Capil Jember Daryanto mengakui, hari pertama puasa layanan administrasi kependudukan (adminduk) sedikit lengang. “Kira-kira penurunan antrean bisa 50 persen lebih,” imbuhnya. Dia menambahkan, sebelum puasa pada hari Kamis 2 Mei saja layanan Secepat-cepatnya Jadi (atau disingkat Semedi) itu totalnya 1.137. Jumlah tersebut termasuk KTP elektronik, kartu indentitas anak (KIA), KK, akta lahir, akta kematian, dan lainnya.

Daryanto mengaku, turunnya jumlah antrean adminduk tersebut diharapkan terus terjadi selama Ramadan. Sebab, kata dia, jam kerja Dispenduk Capil Jember itu berubah. “Pelayanan pada bulan puasa ini mulai pukul 08.00 sampai 15.00 dan tidak ada jam lembur. Biasanya ada jam lembur hingga 16.30,” tuturnya.

Seandainya antrean membeludak, tambahnya, juga kasihan mereka yang antre datang tapi tidak bisa dilayani karena petugas Dispenduk tidak diperbolehkan kerja lembur. Walau ada sistem baru tersebut, kata dia, petugas adminduk punya cara tersendiri untuk menghitung apakah bisa melayani semua antrean atau tidak.

“Semisal antrean ramai, pada pukul 14.00 yang antrenya masih di luar pintu ruangan dianjurkan pulang saja. Tapi yang antrean dalam terus pelayanan. Jika, suasananya lengang seperti (kemarin, Red) maka dibuka terus tidak ada pengaturan,” paparnya.

Selain jam pelayanan adminduk berkurang dan tidak ada lembur, selama bulan puasa ini pelayanan adminduk di car free day (CFD) juga ditiadakan. “Biasanya CFD ada pelayanan on the spot. Tapi sekarang tidak ada,” ujarnya.

Dia berharap masyarakat yang tidak tergesa-gesa mengurus adminduk, tidak datang ke kantor Dispenduk Capil. Cukup di kecamatan saja untuk mengurus adminduk. “Sebetulnya pelayanan Semedi di Kantor Dispendukcapil itu untuk orang-orang yang mengurusnya sangat penting, mendesak, luar kota, dan butuh waktu cepat. Nyatanya mereka jauh-jauh dari Ledokombo, Puger, datang ke Dispendukcapil. Padahal di kantor kecamatan bisa, tapi tidak bisa langsung jadi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : dwi siswanto

Editor : Hadi Sumarsono