PT KAI Berikan Tarif Reduksi

Lima Golongan Penumpang Diistimewakan

MENUNGGU GILIRAN: Sejumlah calon penumpang sedang menunggu jadwal keberangkatan kereta di Stasiun Jember. Per 1 September, PT KAI memberlakukan tarif reduksi bagi penumpang lansia, TNI, Polri, Veteran dan Wartawan.

RADAR JEMBER.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan tarif berbeda untuk lima golongan penumpang yang naik jasa angkutan kereta. Tarif itu berlaku mulai 1 September mendatang. Penumpang yang mendapat tarif reduksi adalah penumpang lanjut usia (lansia), anggota TNI (aktif), Polri (Aktif), wartawan (Aktif), dan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

IKLAN

Tetapi, sebelum mendapatkan harga diskon dari PT KAI, mereka wajib meregistrasi terlebih dulu. Pendaftaran sudah bisa dilakukan mulai tanggal 1 Agustus lalu. Registrasi dilakukan di customer service (CS) stasiun ataupun di loket tiket bila di stasiun tersebut belum ada layanan CS.

Syaratnya, calon penumpang yang sudah disebutkan tersebut membawa bukti identitas asli dan kartu anggota. “Registrasi cukup dilakukan sekali saja sampai berakhirnya masa reduksi penumpang yang bersangkutan,” ucap Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember.

Dia menambahkan, tarif reduksi ini berlaku selama perjanjian kerja sama dengan beberapa pihak. Jadi, bukan hanya di bulan Agustus ini saja. Registrasi itu sendiri dapat dilakukan tiga jam sebelum keberangkatan. “Nantinya, kalau sudah berhasil registrasi, akan otomatis teregister di sistem kami,” imbuh dia.

Registrasi juga dapat diwakilkan dengan syarat tambahan, yaitu membawa pas foto terbaru penumpang yang akan didaftarkan. Jika sebelumnya penumpang yang berhak atas tarif reduksi harus menyertakan fotokopi identitas di setiap transaksi, kini mereka cukup menyebutkan nama, nomor HP, dan nomor identitas. Tanpa menyertakan fotokopi identitas lagi.

Sementara itu, salah satu penumpang lanjut usia, Abdurrohman, menyambut senang kebijakan tersebut. Sebab, tarif reduksi memang menguntungkan baginya. Kini, saat dirinya sudah berusia 62 tahun, potongan harga tersebut dinilai cukup membantu. “Alhamdulilah, orang tua seperti kami mendapat penurunan harga tiket. Kalau begini kereta masih jadi angkutan favorit,” ujar pria asal Kaliwates ini. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi, Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Mahrus Sholih