Jago Merah Lahap Tiga Rumah

JAGO MERAH: Tiga rumah di Desa Kupang, Curahdami ludes dilalap si jago merah.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Usai Magrib menjelang Isya’ Minggu malam (4/8), menjadi malam yang menegangkan bagi tiga anggota keluarga di Desa Kupang, Curahdami. Betapa tidak, si jago merah menghanguskan rumah milik Ibu Sahruya, 60; Holili, 36; dan H Karim, 57. Satu rumah milik Sahruya tanpa sisa, dua rumah lainnya terbakar separo.

IKLAN

Kapolsek Curahdami AKP Budi Handoko mengatakan, api berasal dari rumah Sahruya. Berasal dari dapur. Malam saat kejadian, pemilik rumah sedang ada di tetangganya. Tidak jauh dari rumahnya. Tahu-tahu, api telah menyambar bagian belakang rumah. “Tepatnya bagian dapur. Jadi begitu kelihatan, api sudah langsung membesar,” jelasnya.

Tak perlu waktu yang lama kobaran api tersebut menyebar. Sebab rumah sumber api, terbuat dari bambu dan kayu. Nahasnya, posisinya berdempetan dengan dua rumah lainnya. Sehingga merembetnya api tak bisa dielakkan. Api bisa dipadamkan ketika mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi, lima menit berselang.

Pemerintah desa setempat menghitung kerugian material akibat kebakaran itu mencapai Rp 40 juta. Berikutnya keluarga yang rumahnya terbakar, terpaksa tinggal di rumah saudara dekatnya. Sebab sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat desa setempat, rumahnya berdekatan dengan rumah saudara lainnya.

Mukit, salah seorang warga setempat mengatakan, saat kejadian warga sekitar ikut memadamkan api. Namun musim kemarau ditambah angin yang kencang, membuat api sulit dipadamkan. Apalagi material bangunan dari kayu dan bambu. “Warga sekitar sudah berusaha, dan mengantisipasi agar api tidak menjalar ke lebih banyak rumah,” terangnya. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor :