16 Ribu Liter Bisa Habis Delapan Jam

RADAR JEMBER.ID – Setiap hari, antrean kendaraan bermotor selalu terlihat mengular di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) Bangsalsari. Mereka antre untuk membeli premium. SPBU Bangsalsari menyediakan 16 ribu liter, dalam waktu delapan jam sudah bisa habis.

IKLAN

Di SPBU tersebut, banyak yang menimbun premium untuk dijual ulang dalam bentuk eceran.  Harga BBM jenis premium berkisar Rp 6450 per liternya. Harga yang murah itu memotivasi warga untuk rela antre meskipun kepanasan.

Ketika dijual eceran, penjualan BBM jenis premium dipatok Rp 8 ribu per liternya. Tak heran, keuntungan penjual BBM premium cukup mengobati jerih payah pedagang eceran yang rela antre hingga berpanas-panasan.

SPBU yang terletak di pinggir jalan   menyediakan stok premium cukup banyak. Maksum, salah seorang petugas yang biasanya mengecek stok bahan bakar di penampungan SPBU mengatakan, dalam sehari, SPBU itu mendapat bagian 16 ribu liter bahan bakar untuk jenis premium. “Kalau  ramai, delapan jam bisa langsung habis. Kadang bisa juga hingga dua belas jam,” katanya.

Meskipun mendapat stok yang cukup banyak, mayoritas pembelinya adalah masyarakat sekitar yang menjual bensin eceran premium sebagai salah satu mata pencarian.

Menurutnya, premium itu didatangkan dari Pertamina Banyuwangi setiap hari. Warga yang membeli juga dilarang menggunakan tangki kendaraan yang sudah dimodifikasi dengan beban muatan yang lebih besar atau membawa jeriken.  “Kalau ada yang pembeli yang seperti itu, kasihan orang-orang yang lain ga kebagian,” pungkasnya. (*)

Reporter : mg2

Fotografer : mg2

Editor : Mahrus Sholih