Unjuk Bakat Baris-berbaris

UNJUK KEBOLEHAN: Sejumlah pelajar SMA menampilkan kemampuan peraturan baris-berbaris (PBB) di Universitas Muhammadiyah Jember

RADAR JEMBER.ID – Kemampuan baris-berbaris menjadi salah satu kompetensi andalan yang dimiliki berbagai sekolah, lewat esktrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Tak heran jika banyak lomba baris -erbaris yang diadakan untuk adu bakat tiap sekolah, salah satunya digelar di Universitas Muhammadiyah Jember, Sabtu (4/5) lalu.

IKLAN

Dalam ajang baris-berbaris tersebut, tak kurang dari 20 pelajar SMA sederajat di wilayah Jember dan sekitarnya bersaing ketat menampilkan aksi-aksi terbaik mereka. Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Galang Goldy Putra AS mengatakan, acara tersebut merupakan program kerja Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan 848 Wirayuda Unmuh yang baru pertama dilakukan.

Galang menjelaskan, dalam kategori dasar PBB, ada beberapa hal yang menjadi kriteria penilaian. “Ada kekompakan, ketegasan, dan kedisiplinan. Ketiga itu menjadi penilaian utama kami,” tutur mahasiswa semester enam tersebut.

Dengan keberadaan acara tersebut, pihaknya menginginkan jiwa kompetitif para pelajar SMA bisa terbangun dan bisa menambah wawasan mereka. “Jika ini berhasil, kami akan adakan agenda sejenis untuk tingkat yang lebih luas. Bisa se-Besuki raya atau se-Jawa Timur,” jelasnya.

Sementara itu, Ali Rizal Setiawan, salah seorang peserta dari SMA Bima Ambulu mengaku aktif di dunia Paskibra sejak lama. Menurutnya, aktif di ekstrakurikuler seperti itu bisa membangun mental dan menambah pengalamannya. “Bisa menambah teman, nambah pula pengalamannya. Itu tidak kami temukan jika hanya di sekolah saja,” pungkasnya. (*)

Reporter :

Fotografer : maulana

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti