Persaingan Jauh Lebih Ketat

PRESTASI: Salah satu atlet tarung derajat sedang berlatih gerakan-gerakan bela diri.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Di antara beberapa cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) 2019, tarung derajat menjadi salah satu cabor yang persaingannya ketat. Dibandingkan Porprov 2015 di Banyuwangi, persaingan di cabor bela diri asal Jawa Barat ini kian kompetitif. Sebab, makin banyak daerah mengirimkan atletnya.

IKLAN

“Dulu di Porprov Banyuwangi, hanya ada 15 pengcab tarung derajat di Jawa Timur. Sedangkan sekarang, sudah ada 25 cabang di kabupaten/kota di Jatim. Alhamdulillah, ini juga menunjukkan bahwa tarung derajat kian diminati di Jawa Timur,” ujar Memedt Nur Ahmed, pelatih Pengcab Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bondowoso kepada Radarjember.id.

Meski demikian, Memedt masih optimistis Bondowoso dapat meraih medali di cabor tarung derajat pada Porprov yang kali ini digelar serentak di empat kota, yakni Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban itu. Pemusatan latihan atau training centre bagi atlet tarung derajat sudah dimulai sejak 4 bulan yang lalu. “Sejauh ini daerah yang cukup kuat antara lain Malang Kota dan Surabaya, karena mereka telah cukup lama berdiri. Tetapi, kita tetap optimistis mampu membawa pulang medali,” tutur Memedt.

Cabor tarung derajat termasuk cabor yang kaya akan medali. Tercatat terdapat 13 kategori yang dipertandingkan. Ke-13 kategori itu masih terbagi lagi menjadi putra dan putri. “Kita insyaallah akan kirim 6 atlet yang terdiri atas 3 kelas tarung dan 3 di kelas seni,” papar Memedt.

Keenam atlet tumpuan Bondowoso itu, disebut Memedt, telah melewati seleksi ketat sebelum masuk dalam pemusatan latihan. “Mereka sudah langganan juara di beberapa kejuaraan terakhir. Hanya dalam pemusatan latihan ini, kita kerap terkendala dengan benturan jadwal mereka sebagai pelajar. Selain itu, cuaca juga terkadang jadi sedikit tantangan,” papar Memedt.

Usai Porprov, Kodrat Bondowoso juga masih punya satu gawe besar. “Kami akan gelar Kejurprov di Bondowoso ini. Untuk semakin memopulerkan tarung derajat sekaligus menambah pengalaman atlet kami,” ujar Edy sugiarto, Ketua Umum Pengcab Kodrat Bondowoso. (*)

Reporter :

Fotografer :

Editor :