Amankan Ratusan Botol Miras

GEREBEK MIRAS: Menjelang Ramadan 1440 Hijriah, polisi menyita minuman keras yang diduga ilegal pada sebuah toko di Lumajang.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Polres Lumajang melakukan inspeksi mendadak menjelang Ramadan 1440 Hijriah. Polisi melakukan razia di sejumlah toko yang diduga menjual minuman keras (miras) ilegal. Razia dipimpin langsung Kapolres Lumajang AKBP Dr Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH.

IKLAN

Sebanyak 40 anggota kepolisian dari Tim Cobra menggeledah toko Wahyu yang berada di Jalan Diponegoro, Lumajang. Hasilnya, sebanyak 74 botol miras berhasil diamankan oleh petugas. Berbagai jenis minuman keras, seperti anggur kolesom, anggur merah, dan arak Singaraja dikeluarkan oleh puluhan petugas kepolisian dengan bersenjata lengkap dari dalam toko.

Dalam operasi kali ini, Kapolres Lumajang menjelaskan bahwa untuk menghormati dan menciptakan suasana nyaman menjelang hingga dijalankannya puasa Ramadan, pihaknya akan gencar melakukan operasi. Selain untuk menekan angka peredaran minuman keras, hal ini juga untuk memberikan efek jera baik kepada para penjual maupun pembeli. “Menjelang bulan suci Ramadan, saya akan tingkatkan operasi miras di wilayah Lumajang. Saya tidak ingin selama bulan Ramadan ini dinodai adanya pesta miras,” tegasnya.

Tidak hanya berhenti di sebuah toko, Kapolres pun juga memerintahkan untuk melakukan penyisiran di sekitar area toko, seperti di belakang toko dan perkebunan yang berada di samping toko. Setelah beberapa jam melakukan penyisiran di sekitar area, alhasil, petugas kepolisian dari tim cobra berhasil menemukan satu dus minuman keras jenis vodka yang disembunyikan di dalam tong sampah.

Selain itu, sebanyak 24 botol minuman keras terbungkus dalam dua dus yang belum sempat didistribusikan juga tidak luput dari pengamanan petugas. Dalam pesannya, kapolres meminta kepada seluruh kapolsek yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang untuk senantiasa turut aktif dengan terjun langsung ke lapangan memimpin operasi dan patroli dalam rangka menciptakan suasana aman dari penggunaan minuman keras, khususnya selama bulan Ramadan. “Jajaran polsek harus melakukan hal yang sama. Dan dipimpin langsung oleh para kapolsek,” serunya.

Kasat Sabhara AKP Jauhar Maarif SSos selaku kepala Tim Cobra bidang preventif yang mengatakan bahwa pihaknya akan lebih gencar lagi melakukan operasi seperti apa yang telah diperintahkan atasan. “Kami tentu akan menggalakkan operasi miras seperti diperintahkan kapolres. Bahkan, kami dari jajaran Cobra preventif setiap hari akan melakukan operasi miras,” ujarnya.

Selain menekan angka penggunaan minuman keras di momen bulan Ramadan ini, tujuan lainnya adalah untuk mencegah timbulnya tindakan kriminalitas yang sebagian besar sering kali dipicu turunnya kesadaran setelah mengonsumsi minuman keras. Efek alkohol inilah yang bisa menyebabkan menurunnya kesadaran hingga terkadang melakukan kegiatan yang berada di luar kontrol kesadaran.  (*)

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : istimewa

Editor : Narto