Lulusan Digital Talent Scholarship 87 Persen Berkompeten

RESMI DITUTUP: Acara penutupan pendidikan Digital Talent Scholarship 2019 Senin (5/8) dihadiri Kepala Badan Litbang SDM kemkominfo RI Basuki Yusuf Iskandar (tengah).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Peserta Digital Talent Scholarship (DTS) mengikuti pelatihan selama 20 hari. Pelatihan yang dimulai tanggal 8-31 Juli ini disambung dengan uji kompetensi pada 1 dan 2 Agustus. Meski terbilang cukup singkat, tapi pelatihan tersebut dinilai menghasilkan lulusan yang berkompeten, bahkan mencapai sekitar 87% dari jumlah peserta yang terlibat.

IKLAN

Program Kementerian Kominfo yang menggandeng Politeknik Negri Jember (Polije) ini merupakan program untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 yang disiapkan pemerintah. “Ini tidak bisa menjadi sesuatu yang final. Tapi bisa menjadi modal awal untuk mengembangkan sistem informasi,” jelas Saiful Anwar, Direktur Polije, di acara penutupan Pendidikan DTS 2019, Senin (5/8/2019) di GOR Perjuangan 45 Polije.

Menurutnya, Indonesia yang bakal menerima bonus demografi, ada dua sisi yang harus diambil. Yaitu, tantangan melimpahnya jumlah umur produktif dan mengembangkan potensi mereka ke depan untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. “Harus terus meng-upgrade perkembangan informasi yang ada,” imbuhnya.

Kepala Badan Litbang SDM Kemkominfo RI Basuki Yusuf Iskandar, merasa terkejut. Karena dengan waktu pelatihan yang singkat peserta dapat menghasilkan sebuah karya yang berkualitas. “Sekarang gantian, giliran kami yang mengenalkan potensi peserta ke publik,” tuturnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih