Jamaah Asal Balung Meninggal

BERPULANG: Paspor identitas jamaah haji Jember yang meninggal dunia. Mashudi warga Balung tersebut meninggal di Tanah Suci karena stroke.

MAKKAH, RADAR JEMBER.ID – Mashudi Muhammad Iksan, jamaah haji asal Desa Balung Kopi atau Balung Kidul, Kecamatan Balung, yang 26 Juli kemarin mendadak mengalami stroke saat di Tanah Suci, akhirnya wafat. Pria 76 tahun tersebut berpulang saat dirawat di RS King Faisal, Makkah, Arab Saudi.

IKLAN

Boby Muhammad Jaya Hartono, jamaah haji asal Balung kepada Radarjember.id menuturkan, ada satu jamaah haji kloter 44, rombongan 10 dari Jember meninggal dunia. “Yang meninggal itu Bapak Mashudi yang dulu sebelumnya sakit stroke,” kata Boby, yang juga satu kloter dan satu rombongan dengan almarhum.

Mashudi meninggal Sabtu kemarin pukul 21.50 waktu setempat. Kabar duka dari jamaah haji Jember membuat banyak jamaah prihatin. Bahkan, kata dia, jenazah almarhum disalatkan terlebih dahulu di Masjidilharam. “Hari Minggu pada saat salat Duhur juga sekalian menyalati jenazah,” katanya.

Boby mengaku, pada hari pertama kedatangan ke Tanah Suci almarhum tidak menunjukkan gejala aneh. Saat jamaah haji Indonesia dikagetkan dengan cuaca sangat panas di Jeddah hingga 44 derajat, Mashudi juga tidak mengalami masalah kesehatan berarti. “Hari pertama itu banyak yang mual-mual dan pusing. Tapi itu biasa, bisa jadi karena mabuk bus,” imbuhnya. Namun, pada 26 Juli kemarin secara mendadak Mashudi terkena stroke dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Sementara itu, Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Jember Ahmad Tholabi mengakui, ada satu jamaah haji dari Jember yang meninggal di tanah suci. “Semoga segala amal baik beliau diterima Allah SWT,” katanya.

Almarhum akan tidak dipulangkan ke Indonesia, tapi disemayamkan di Arab Saudi seperti jamaah haji Indonesia yang meninggal. “Tidak dipulangkan, jenazah langsung dimakamkan di Makkah,” tuturnya. Perbandingan dengan tahun kemarin, ada empat jamaah Jember yang wafat di Tanah Suci.

Meninggalnya Mashudi juga menambah deretan jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia. Dilansir jpnn.com, pada Sabtu kemarin telah ada 49 jamaah haji Indonesia yang meninggal. Jika ditambah Mashudi, maka total jamaah haji yang meninggal dunia adalah 50 orang. Rata-rata jamaah haji Indonesia yang meninggal adalah usia lanjut atau 50 tahun ke atas. (*)

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti