SMP Swasta Tidak Berlakukan Batasan Pendaftaran

URUS PENDAFTARAN: Beberapa siswa mulai mendaftarkan diri di sekolah-sekolah swasta, pascapenutupan PPDB SMP negeri

RADAR JEMBER.ID – Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri memang telah usai. Namun, sejumlah sekolah belum sepenuhnya merampungkan proses penerimaan siswa itu. Terlebih, mereka yang berada di lembaga SMP swasta, seolah tak mau ketinggalan dalam menjaring siswa. Beberapa sekolah membuka pendaftaran hingga tahun ajaran baru telah dimulai.

IKLAN

Seperti yang ada di SMP As-Syafii, Dusun Nogosari, Kecamatan Rambipuji. Sekolah ini masih membuka pendaftaran siswa. Sekalipun masa pendaftaran telah usai atau memasuki tahun ajaran baru.

“Kalau sekolah swasta gak ada berakhirnya, Mas. Karena swasta pun juga kekurangan siswa,” kata Robby W Darmawan, Kepala SMP As-Syafii. Menurutnya, saat pendaftaran yang bersamaan dengan waktu PPDB kemarin, sekolahnya itu hanya mampu menjaring 46 siswa.

Dia mengaku selalu siap menerima siswa baru sekalipun mereka masuk pada saat semester aktif atau tahun ajaran baru. Hal yang tak jauh berbeda dengan yang terjadi di SMP Al-Aziz, Kelurahan Slawu, Gebang. Pihak sekolah terpaksa tidak memberlakukan batasan waktu untuk pendaftaran. Sebab, jika pendaftaran dibatasi, hal itu dianggapnya akan menghambat siswa baru yang akan masuk. “Kalau tidak seperti itu, sekolah kita kekurangan siswa baru,” ujar Hayyus Shomad Aziz Ubaidillah, Kepala SMP Al-Aziz.

Dia berharap, dengan membuka pendaftaran yang tidak berbatas waktu itu, sekolahnya dapat mampu menjaring siswa lebih maksimal. “Kalau tidak seperti ini, kita akan tertinggal jauh dengan sekolah-sekolah yang sudah maju,” harapnya. (*)

Reporter : mg2

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono