Selamat Datang Pahlawan, Saiful Rijal Diarak dari Pronojiwo ke Lumajang

RADARJEMBER.ID – Saiful Rijal, atlet Sepak Takraw Asian Games yang menyumbang emas bagi kontingen Indonesia benar-benar disambut luar biasa oleh warga Lumajang. Pahlawan Asian Games itu disambut super meriah oleh ribuan warga Lumajang. Tak terkecuali oleh Bupati dan Wakil Bupati Lumajang terpilih, Thoriqul Haq dan Indah Amperawati Masdar.

IKLAN

Senin siang (3/9), Rijal diarak sebagaimana pahlawan dari rumahnya di Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, menuju Gedung Pemkab Lumajang. Rijal dibawa menyusuri jalan umum oleh ratusan rombongan Bupati-Wakil Bupati, Thoriqul Haq–Indah Amperawati Masdar dengan mobil bak terbuka. Ribuan masyarakat Lumajang mengelu-elukan sang pahlawan yang baru pulang dari “medan perang” Asian Games 2018 Jakarta–Palembang.

Cuaca panas tak menyurutkan semangat warga Lumajang yang ingin menyaksikan Saiful Rijal. Konvoi pembawa Rijal berhenti di alun-alun bagian utara. Persis di depan Gedung Pemkab Lumajang sekitar pukul 14.00. Dari atas panggung, Rijal diminta menyapa masyarakat dan ratusan pelajar yang sudah menantinya sejak sekitar pukul 13.00. “Saya tidak menyangka sambutannya akan seperti ini. Saya tidak biasa formal. Mending saya disuruh main takraw lagi daripada suruh ngasi sambutan seperti ini,”  ucap Rizal dengan nada grogri namun tampak haru.

Tidak banyak yang dia sampaikan kepada masyarakat Lumajang yang mengelu-elukannya itu. Rijal turun dari panggung dan kembali duduk di kursinya semula.

Sambutan penuh warna justru muncul dari Bupati terpilih Thoriqul Haq yang tak lama lagi akan dikukuhkan. “Lek ndelok awake, gak nyongko iso mencolot duwur. Tapi lek ndok nang siaran langsung, buh mencolote iku… (Kalau dilihat badannya, tidak disangka bisa melompat tinggi. Tapi kalau lihat di siaran langsung, lompatannya itu lho…, Red),” kelakar Thoriq.

Thoriq menyampaikan, prestasi Rijal memantik pemerintahannya ke depan untuk lebih memperhatikan altlet-altet Lumajang. Thoriq berjanji dalam pemerintahannya nanti akan memberikan polesan maksimal pada atlet-atlet potensial Lumajang. Konsekuensinya, Pemkab Lumajang akan meningkatkan kualitas bekerja sama dengan KONI.

Dan bagi yang sudah menorehkan prestasi seperti Rijal, pemerintah daerah akan mengupayakan agar atlet tersebut tidak loncat ke daerah lain. Lantaran iming-iming kesejahteraan. Salah satu bentuk reward bagi atlet berprestasi Lumajang, pemkab akan menyekolahkannya ke sekolah-sekolah khusus olahraga.

Sambutan susulan dilakukan Wakil Bupati Terpilih, Indah Amperawati Masdar. Dia mengawali sambutan dengan teriakan, ”Siapa kita…?!” Ratusan masyarakat yang berkumpul di utara alun-alun lantas menyahut, ”Indonesia!”

Indah menggambarkan betapa kemenangan Rijal juga menjadi kemenangan banyak masyarakat Lumajang. Hal itu terlihat dari sorak semarai masyarakat yang berpapasan dengan konvoi pembawa Rijal, yang tanpa henti sepanjang jalan. “Luar biasa Mas Rijal ini. Kita (Thoriq-Indah, Red) sampai kalah tenar. Sepanjang jalan ke sini tadi tidak ada yang manggil-manggil Cak Thoriq, Bunda Indah. Semuanya manggil-manggil Rijal,” kata Indah.

Reporter & Fotografer : Khawas Auskarni Muhyidin
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :