JFC Masih Jadi Magnet Wisatawan

ADA PENINGKATAN: Gelaran JFC menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik. Mereka datang ke Jember dengan berbagai moda transportasi.

RADAR JEMBER.ID – Impian mendiang Dynand Fariz, penggagas sekaligus founder Jember Fashion Carnaval (JFC) terwujud. Cita-citanya yang menjadikan JFC ikon Jember sebagai Kota Karnaval berhasil diraih. Ini bisa dilihat dari setiap pergelaran JFC tiap tahun, Jember selalu dipadati wisatawan domestik maupun mancanegara. Mereka datang untuk menonton JFC, sekaligus menikmati keberagaman budaya serta wisata lainnya di Jember.

IKLAN

Banyaknya wisatawan yang berkunjung di Jember itu bisa dibuktikan adanya peningkatan jumlah penumpang yang datang ke Jember. Menurut Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arif, kedatangan penumpang JFC tahun ini meningkat ketimbang penumpang pada hari biasa. “Ada peningkatan jumlah kedatangan. Sejak hari pertama (31/7), sekitar 1.700 penumpang turun di Stasiun Jember,” tuturnya kepada Radarjember.id.

Luqman menyatakan, setiap kali JFC, memang selalu ada peningkatan kedatangan penumpang. Baik dengan kereta ekonomi, bisnis maupun eksekutif. Tak hanya dari Surabaya, tapi juga berasal dari kota lainnya. “Kalau hari biasa, jumlah penumpang rata-rata 1.500 saja. Tahun lalu juga sama ada peningkatan setiap gelaran JFC,” imbuh Luqman.

Bahkan, Anne Avantie, perancang busana kebaya ternama, Rabu (31/7) kemarin juga datang dari Surabaya melalui jalur darat. Bunda Anne naik kereta api dan turun di Stasiun Jember. “Dia (Anne Avantie, Red) datang naik kereta eksekutif Mutiara Timur Siang pukul 12.49. Bersama tim dan rombongan,” jelas Masagus Amancik, Kepala Stasiun (KS) Jember.

Tak tanggung, Bunda Anne datang bersama kru sebanyak 100 personel. Mulai dari model, penari, ofisial, tim produksi hingga wardrobe. Selain Anne Avantie, beberapa tamu undangan dari Jakarta juga datang ke Jember menggunakan transportasi lain. Seperi selebritis sekaligus makeup artis, Bubah Alfian dan Putri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull. Mereka datang naik pesawat. Sedangkan Cinta Laura Kiehl, sudah terlebih dulu mendarat di Banyuwangi (3/8) kemarin. Dia menuju ke Jember pakai jalur darat untuk show hari ini di Grand Carnival JFC.

Kepala Bandara Notohadinegoro Jember Edi Purnomo menyebut, sampai dengan lusa kemarin (2/8), ada jumlah peningkatan kedatangan penumpang. Meskipun tidak signifikan tahun lalu. “Peningkatan hanya sekitar 10 sampai 15 persen saja. Baik dari maskapai Wings Air dan Citilink,” paparnya.

Edi mengatakan, tahun lalu bahkan bisa mencapai 20 hingga 25 persen. Sebab, 2018 maskapai Garuda Indonesia masih beroperasi di Jember. Sedangkan tahun ini, memang masih dua maskapai, tapi Garuda Indonesia absen. Maskapai itu diganti Citilink. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Mahrus Sholih