Berikan Warna Baru di Setiap Defile

DI TENGAH KERUMUNAN: Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull juga turut hadir dalam WACI tahun ini.

RADAR JEMBER.ID – Wonderful Artchipelago Carnaval Indonesia (WACI) di perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC) tahun ini, menyajikan suguhan yang berbeda. Ada delapan kontingen dari enam provinsi yang ikut serta dalam karnaval yang digelar, kemarin (3/8). Mulai dari kontingen Kabupaten Lombok Tengah (Nusa Tenggara Barat), Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Jepara dan Kota Solo (Jawa Tengah), Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Malang (Jawa Timur), Daerah Istimewa Yogyakarta, serta DKI Jakarta.

IKLAN

Mereka menampilkan defile-defile yang beragam. Ditambah keunikan berbeda-beda pula. Dibuka oleh David Kasusilo, sekjen Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI), semua kontingen bergantian tampil dari panggung utama.

DKI Jakarta menjadi yang pertama. Total ada sepuluh pasangan abang none dan 41 orang lainya asli Jakarta. Gefile ini menyuguhkan budaya khas tanah Betawi. Diikuti dari perwakilan Jogjakarta dan ketiga kontingen Jepara. Defile dari Jepara menggambarkan kesenian ukir kayu khas Jepara, serta Dewi Sri yang melambangkan kesuburan usaha dari ukiran kayu. Dari Malang, defile tersebut menceritakan kisah Rama dan Sinta.

Sedangkan kabupaten dengan peserta paling banyak ada di kontingen Lombok Tengah. Total ada 150 kepala sekolah yang dilibatkan untuk memeriahkan JFC kali ini. Mereka menampilkan kostum pasangan pengantin khas Lombok. Dari Solo, perwakilan Jawa Tengah ini membawakan kostum defile bertema batik yang memiliki konsep berbeda dalam setiap kostumnya.

Menurut David Kasusilo, jumlah ideal dalam satu event untuk WACI tidak boleh lebih dari delapan defile. “Kalau lebih dari delapan akan memakan waktu cukup lama. Dan kami pernah 12 provinsi. Maka dari itu kami batasi delapan kontingen,” jelasnya, kepada Radarjember.id.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Timur Susari Ningsih, tampak hadir dalam pergelaran WACI JFC kemarin. Dia menilai, JFC ke-18 tersebut memberikan kontribusi bagus terhadap dunia wisata, utamanya pada tingkat kunjungan wisata mulai tahun 2017 sampai 2018. Dia menyebut, ada peningkatan lebih dari 10 persen tahun ini. “Khususnya Jember, kami melihat pergerakan ekonominya sangat tinggi. Ditambah lagi dengan adanya pameran kecil yang di tengah-tengah pelaksanaan JFC ini,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, antusiasme pengunjung juga cukup banyak. Mereka membeli produk-produk UMKM. Tingginya perputaran uang di setiap event JFC, dia menambahkan, kontribusi penyelenggaraan ini berdampak sangat bagus terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Jember. Selain perwakilan dari Disparbud Jawa Timur, hadir pula Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull. Bahkan dia membaur di tengah-tengah pengunjung.

Sedangkan untuk hari ini (4/8), menampilkan Grand Carnival yang dimulai pukul 12.00 hingga 17.00. Penampilan Brand Ambassador JFC, Cinta Laura akan meramaikan ajang karnaval fesyen terbesar ketiga dunia tersebut. Tak hanya itu, perancang busana ternama Anne Avantie bakal mempersembahan karya terbaiknya “Selalu di Hati” dari kostum defile. Selain itu, ada juga makeup artis kenamaan Bubah Alfian. Jadi, jangan sampai ketinggalan nonton JFC hari ini. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Mahrus Sholih