Gali Potensi Desa, Ciptakan Kerajinan dari Barang Bekas

MASIH BERUSAHA: Sejumlah perangkat desa dan salah seorang warga tengah memamerkan hasil kerajinan di desa mereka.

RADARJEMBER.ID– Banyak cara memanfaatkan potensi suatu desa. Seperti yang dilakukan di Desa Balung Kulon, Balung. Di desa tersebut, beragam barang limbah dan barang bekas yang dihasilkan masyarakat, disulap menjadi sebuah produk yang memiliki nilai ekonomi.

IKLAN

Beragam produk memiliki ukuran dan jenis masing-masing. Seperti kerajinan tangan, souvenir, peralatan rumah tangga, kaligrafi, vandal, dan lain-lain.

Kepala Desa Balung Kulon Samsul Hadi menjelaskan, rumah galeri yang didirikannya itu merupakan sebuah badan usaha milik desa yang bermitra dengan masyarakat. Dia menganggap, potensi di desanya mampu menunjang perekonomian masyarakat. ”Ini salah satu langkah kami bersinergi dengan masyarakat,” tuturnya.

Untuk bahan dari produk-produk tersebut, lanjut Samsul, hampir sebagian besar berasal dari masyarakat. Bahan-bahan itu menurutnya berasal dari olahan bekas kayu mebel, plastik, dan lain-lain. “Bahan dari mereka, pembuatan dari mereka. Kami hanya memberikan wadah untuk penjualan saja,” imbuhnya.

Untuk penjualannya sendiri, Samsul mengatakan telah menembus sejumlah pasar nasional hingga internasional. Hal itu dibuktikan dengan pesanan dari konsumen yang berasal dari beberapa wilayah. Seperti Dumai Riau, Aceh, dan Palembang. Sedangkan untuk pasar internasional, berhasil tembus ke Thailand.

Bahkan, menurut Samsul, produk dari warganya itu sempat dipamerkan dalam ajang Jember Festival Carnaval (JFC) pada dua tahun terakhir. Selain itu, pernah mewakili Kecamatan Balung dalam program desa wisata oleh Kemeneterian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Januari 2018 di Sari Utama Jember.

Dia berharap, ke depan usaha yang tengah dirintis bersama warganya itu, mampu terus berkembang menjadi desa wisata kerajinan. Yang memungkinkan untuk dikunjungi oleh konsumen atau mahasiswa. “PR kami masih banyak, karena masih membabat. Selama kami diberikan amanah dari masyarakat, Insya Allah kami terus berkomitmen mengembangkan ini,” pungkasnya.

Reporter : mg2

Fotografer : Maulana

Editor : Hadi Sumarsono