Akses Putus, Buka Jalan Baru

BUAT JALAN BARU: Alat berat milik Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Jember dikerahkan untuk membuat jalur baru agar dilewati kendaraan roda empat. Ini dilakukan setelah akses jalan ke Kebun Kalijompo putus akibat banjir.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Karena banjir bandang yang melanda Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, beberapa waktu lalu, sejumlah akses jalan terputus hingga tak bisa dilewati. Termasuk akses menuju Kebun Kalijompo. Jalur tersebut tergerus derasnya air hingga tersisa separuh badan jalan. Akibatnya, kendaraan roda dua dan roda empat tak bisa melewatinya.

IKLAN

Kondisi tersebut membuat pihak Kebun Kalijompo bergerak cepat untuk membuat jalur alternatif. Agar kendaraan yang menuju kebun tidak memutar lebih jauh, pihak kebun membuat akses jalan baru.

Jalur yang dibuka memiliki lebar empat meter dan panjang kurang lebih 100 meter. Jalur ini sengaja dibuat sembari menunggu pemasangan bronjong di jalan yang putus ini selesai. “Karena untuk proses pemasangan ratusan bronjong sepanjang 50 meteran ini juga membutuhkan waktu yang lama. Apalagi mengingat debit air masih tinggi dan arus masih cukup deras,” ujar Plt Kepala BPBD Kabupaten Jember Rofiq Sugiarto.

Proses pemasangan bronjong, kata dia, memang sudah dimulai. Tetapi kurang optimal, karena aliran air masih deras. “Mudah-mudahan tidak ada hujan deras lagi biar pemasangan bronjong di jalan yang putus ini terselesaikan dengan tepat waktu,” imbuhnya.

Pihaknya juga masih mendata kerusakan akibat banjir bandang yang terjadi di wilayah Kebun Kalijompo. Termasuk di Dusun Gendir, Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi. Sebab, terdapat banyak sarana seperti dam di hilir yang rusak, dan pintu air tersumbat kayu serta lumpur.

Sementara itu, Pimpinan Kebun Kalijompo Agus Dwi Hartono mengatakan, jalur alternatif ini jaraknya hampir sama dengan jalan yang putus. Hanya saja, konturnya sedikit

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti