Smash Salto Saiful Rijal Sumbang Emas Asian Games, Bikin Bangga Lumajang

RADARJEMBER.ID – Saiful Rijal spektakuler. Atlet sepak takraw ini membanggakan Lumajang setelah berhasil menyumbang medali emas dalam Asian Games di Jakarta 2018. Di Final, tim Sepak Takraw yang diperkuat Saiful Rijal berhasil menundukkan tim Jepang di Asian Games.

IKLAN

Lelaki kelahiran 16 Oktober 1990 itu tidak hanya mengharumkan nama Lumajang. Tapi juga membuat merah putih berkibar tinggi di Asian Games. Pemuda asal RT 19, Dusun Krajan Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo itu menyumbang emas setelah menyumbang sepasang perunggu. Sejarah baru buat Lumajang. Dan sejarah baru buat cabor sepak takraw Indonesia yang merajai Asia sejak olahraga ini diperkenalkan 1990 di Asia.

Prosesnya cukup dramatis di nomor Quadrant. Ketika melawan Jepang di babak final Asian games  kemarin, Rijal dkk sempat keok di game pertama dengan skor 15-21. Namun di game kedua Rijal tidak memberi ampun. Tim yang dia pimpin menang 21-14. Skor imbang 1-1.

Di game ketiga yang menjadi penentuan juga sama. Cuma, lawannya yang tak lain adalah Jepang juga memberi perlawanan. Sempat skor 20-10 untuk keunggulan Indonesia yang dipimpin Rijal. Jepang terus menekan sampai akhirnya skor menjadi  20-14.

Ketika mendapat giliran, akhirnya Rijal mendapat kesempatan emas. Umpan yang disodorkan lambung oleh rekannya membuat dia leluasa melesakkan tendangan. Smash salto yang menjadi ciri khas Rijal berhasil dilesakkan. Pukulannya tak mampu dibendung lawan. Bola mengalir deras masuk di area lawan. Tendangan di atas udara itu pun menjadi penentu kemenangan tim Indonesia menjadi 2-1 atas tim sepak takraw Jepang.

Rijal langsung sujud syukur. Pun juga dengan tiga rekannya. Mereka berhasil menaklukkan lawannya yang tak lain adalah negara yang pernah menjajah Indonesia 3,5 tahun. Bendera Indonesia berkibar tinggi sekaligus menasbihkan sepak takraw Indonesia terbaik di level Asia. Menyumbang medali untuk kontingen Indonesia menjadi 31 emas, 24 perak, dan  43 perunggu.

Rijal begitu gembira. Dia terkesan dengan raihan prestasinya kemarin. “Kesannya pertandingan ini sangat menyenangkan. Dan Alhamdulillah hasilnya memuaskan,” ungkap atlet yang juga pernah meraih emas Sea Games itu. dia juga mengakui setiap pertandingan adalah ibadah. Yang harus dijalani dengan kejujuran dan ketulusan.

Anak pertama dari empat bersaudara pasangan Katirin dan Muslimatin ini merasa lega dengan kemenangan itu. Dia kini ingin menghabiskan hari-harinya bersama keluarganya di rumah. Di Lumajang. Belum ada rencana untuk ke depannya. Yang jelas saya jalani seperti hari-hari biasanya saja dulu,” katanya kepada radarjember.id melalui pesan singkat.

Diapun mempersembahkan medali emas ini untuk kedua orang tuanya. Yang diunggah dalam akun status medsos miliknya. “Alhamdulillah, terima kasih Bapak Katirin dan Ibu Muslimatin. Sukses ini milik bapak dan ibu,” tulisnya.

Reporter : Hafid Asnan
Editor : Narto
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :