Hujan Deras Kembali Akibatkan Longsor di Piket Nol

REAKSI CEPAT : Tim BPBD Lumajang yang dibantu oleh warga sekitar saat berusaha menyingkirkan banyaknya bebatuan besar dari badan jalan akibat longsor,

RADARJEMBER.ID – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur kawasan Piket Nol di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, kembali mengakibatkan longsor. Banyaknya bebatuan berukuran cukup besar yang menutup sebagian lebih badan jalan membuat kawasan Piket Nol di KM 59 itu sulit untuk dilalui. Para pengendara terpaksa harus mengurangi kecepatan saat melintas.

IKLAN

Bahkan untuk memperlancar arus kendaraan, para pengemudi harus silih berganti karena jalan yang begitu sempit akibat banyaknya bebatuan yang berada di tengah jalan.

Peristiwa longsor sendiri terjadi pada Ahad (02/6) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Sebelumnya hujan memang sempat mengguyur kawasan Piket Nol sejak beberapa hari terakhir.

Menurut Agus salah seorang pemilik warung mengatakan bahwa sempat terdengar suara gemuruh. Merasa panik, lantas dirinya berusaha menjauhi asal tempat suara tersebut. Namun setelah diketahui ternyata didapati bahwa suara gemuruh tersebut merupakan bunyi reruntuhan batu yang longsor dari atas tebing akibat diguyur hujan deras. “Malam itu ada suara seperti reruntuhan batu. Ternyata benar. Batu longsor dari atas tebing setelah hujan deras,” katanya.

Mendapati laporan adanya longsor di Piket Nol KM 59, tim unit reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang segera bergegas menuju lokasi terdampak. Dibantu para personil TNI, kepolisian dan warga setempat, mereka akhirnya berhasil memindahkan banyaknya batu yang sempat menutupi separuh badan jalan.

“Tadi tim kita langsung bergerak ke lokasi. Mereka dibantu anggota TNI, polisi, relawan dan warga setempat akhirnya berhasil memindahkan dan membersihkan jalan dari banyaknya batu yang longsor. Sejak Kamis hingga malam tadi memang hujan turun di kawasan Piket Nol. Curah hujan yang tinggi selama berhari-hari itu akhirnya mengakibatkan longsor,” Ujar Wawan Hadi Siswoyo, Kabid Kesiapsiagaan Dan Kedaruratan BPBD Lumajang saat dihubungi via seluler.

Beruntung pada saat peristiwa tersebut jalanan dalam keadaan sepi, sehingga tidak sampai menelan korban jiwa. Saat ini jalan di kawasan terdampak sudah bisa dilalui kendaraan seperti biasa. Kendati demikian, Wawan meminta para pengemudi agar senantiasa waspada jika melintas kawasan tersebut. “Semuanya sudah bisa teratasi. Untuk para pengemudi selalu meningkatkan kewaspadaan jika melintas di kawasan Piket Nol,” himbaunya.

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih