Kiprah Petugas Satlantas Jaga Arus Mudik, Ibadah Berjaga Penuh Cegah Laka

Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael tak ikut mudik, namun menjaga keamanan selama mudik.

RADARJEMBER.ID – Tak semua orang bisa merasakan mudik ke kampung halaman. Apalagi, mereka yang masih bertugas untuk mengamankan lancarnya arus mudik. Seperti para petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember yang tetap berjaga. “Ada 110 personel kami yang menjaga arus lalu lintas mudik,” kata Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael.

IKLAN

Para petugas itu disebar di sebelas pos pengamanan di berbagai titik. Mulai dari titik rawan kemacetan, kriminalitas, dan objek wisata, baik itu di pantai, pusat perbelanjaan, maupun yang lainnya. “Mereka bertugas di Garahan, Gumitir, stasiun, terminal, dan lainnya,” tambahnya. Di saat Lebaran, para petugas satlantas itu harus menjaga kelancaran arus mudik sesuai dengan pos mereka masing-masing, sehingga tak pulang ke kampung halamannya.

Para petugas yang berjaga-jaga itu cukup lama, yakni hingga tanggal 9 Juni 2019 mendatang. Mereka tak sendiri, namun ditemani oleh petugas dari TNI, PMI, dan ORARI. Para petugas tersebut akan bekerja sama untuk memberikan pelayanan bagi pemudik yang memerlukan pertolongan. Termasuk menjaga titik-titik yang selama ini rawan. baik rawan kecelakaan, kemacetan, kriminalitas, maupun kerawanan sosial lainnya.

Para personel yang bertugas sudah diberikan pemahaman cara mengatasi jika ada kecelakaan lalu lintas, kemacetan, kriminalitas, laporan kehilangan, dan penanganan jika terjadi masalah kesehatan. Di pos tersebut, para petugas polisi tak hanya memantau, namun juga mengajak warga untuk berkendara dengan baik dan benar. Langkah itu, diharapkan bisa mengurangi fatalitas dan jumlah laka lantas.

Menariknya, sejumlah pos yang disediakan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi para pemudik. Di antaranya tempat beristirahat dan tempat untuk bermain anak. Selain itu, kegiatan lalu lintas juga dipantau oleh CCTV terhubung langsung dengan Dishub dan Pospam. Petugas akan memantau jalan raya, melihat apakah ada kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas. “Bagi kami, kerja adalah ibadah. Tak harus ibadah ritual saja, tapi kerja juga,” jelasnya.

Tak heran, walaupun mereka tidak ikut mudik, namun tetap bahagia. Sebab, mereka menjalaninya dengan niat ibadah. Apalagi, mereka memulai menjaga keamanan itu tak hanya jelang Lebaran saja. Mereka sudah melakukan penjagaan dan belum libur panjang sejak pengamanan Pemilu 2019 lalu.

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Jumai

Editor : Rangga Mahardika