Dua Jalur Kota Diubah

PERUBAHAN JALUR: Polisi berjaga dan mengatur lalin di pertigaan Kartini-Trunojoyo, kemarin (2/6). Sebelumnya dari Jalan Trunojoyo bisa lewat RA Kartini dan Gatot Subroto, tetapi dalam perubahan ini ini jalurnya dibalik.

RADARJEMBER.ID – Perhatian bagi seluruh pengendara yang melintas di Kabupaten Jember. Selama libur lebaran kali ini terdapat dua jalur kota yang diubah. Yaitu Jalan Gatot Subroto dan Jalan RA Kartini. Perubahan itu dimaksudkan untuk mengurai padatnya kendaraan yang terjadi di Jalan Ahmad Yani dan Trunojoyo.

IKLAN

Jalan Gatot Subroto yang sebelumnya merupakan jalur dua arah dan bisa dilintasi dari Jalan A Yani dan Jalan RA Kartini, kini hanya berlaku one way (satu arah) dengan pintu masuk dari arah Jalan A Yani. Begitu sampai di perempatan Polres Jember, bisa mengarah ke kanan atau ke kiri.

Sedangkan jalur RA Kartini dibalik dari ketentuan sebelumnya. Jika sebelumnya pengendar bisa lewat dari Jalan Trunojoyo, kini pengendara hanya boleh melintas satu arah dari persimpangan Polres Jember melalui RA Kartini hingga pertigaan Trunojoyo.

Dengan perubahan tersebut, pengendara yang sebelumnya bisa melintas dari Jalan Trunojoyo melalui Jalan Kartini, kemudian ke Jalan Gatot Subroto dan tembus A Yani, kini sudah berbalik. Yaitu pengendara bisa melewati Jalan A Yani, kemudian Gatot Subroto, selanjutnya Jalan RA Kartini dan tembus Jalan Trunojoyo.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Hadi Mulyono menjelaskan, perubahan jalur tersebut berlaku selam libur lebaran. Perubahan dilakukan guna mengurai kepadatan kendaraan di Jaur A Yani dan Trunojoyo.

“Perubahan jalur ini sifatnya sementara, yaitu tanggal 1 sampai 9 Juni dan berlaku saat libur lebaran. Perubahan jalur dilakukan untuk mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Ahmad Yani. Di jalur itu ada beberapa lokasi yang menyebabkan macet seperti SPBU di Ahmad Yani, persimpangan tugu koperasi, tempat perbelanjaan Golden Market berhadapan dengan pertigaan GNI, serta ada Pasar Tanjung,” paparnya.

Dengan padatnya dan tersendatnya kendaraan di Jalan Ahmad Yani dan Trunojoyo, Dishub Jember akhirnya melakukan rekayasa lalu lintas bersama Satlantas Polres Jember. Rekayasa tersebut akan terus berlaku selama libur lebaran Idul Fitri.

Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael SH SIK membenarkan rekayasa perubahan jalur berlaku selama libur lebaran. Dikatakan, warga yang melintas di jalan A Yani dengan tujuan ke arah Surabaya bisa mengambil jalur yang baru diubah tersebut.

Dengan mengambil jalur rekayasa ini, maka pengendara tidak akan ikut tersendat di depan SPBU Ahmad Yani, simpang tiga tugu koperasi, pertigaan GNI atau Golden Market. “Pengendara di Jalan Ahmad Yani yang akan ke arah Surabaya bisa langsung mengambil jalur rekayasa ini,” ujarnya.

AKP Edwin mengimbau, seluruh warga untuk tetap berhati-hati dalam berkendara. Selama libur lebaran kali ini, pihaknya juga meminta agar warga memilih dan menentukan jalur yang tepat. Misalnya, warga dari arah Bali-Banyuwangi yang akan menuju Surabaya diimbau agar tidak masuk Kota Jember. “Tetap hati-hati dan patuhi rambu-rambu lalu lintas,” tegasnya.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti