BPBD Himbau Masyarakat Waspada Saat Melintasi Piket Nol

WASPADA : Para pengendara diminta berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan saat melintas di kawasan rawan longsor.

RADARJEMBER.ID – Memasuki arus mudik lebaran utamanya bagi para pengendara yang akan melintas di kawasan Piket Nol Desa Sumberwuluh hingga Pronojiwo, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang bergerak cepat melakukan berbagai upaya antisipasi mencegah kemungkinan terjadinya bencana longsor.

IKLAN

Apalagi mengingat di kawasan Piket Nol KM 59 baru saja terjadi longsor. Untuk itu, BPBD Lumajang sudah menyiapkan dan mengirimkan anggotanya untuk memantau di sejumlah kawasan rawan longsor yang selama arus mudik lebaran ramai dipadati oleh para pengendara.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan Dan Kedaruratan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, menjelaskan BPBD sudah mengerahkan satu dua mobil yang digunakan untuk memantau kawasan di sepanjang Piket Nol khususnya selama arus mudik lebaran. “Kami sudah maping lokasi mana saja yang memiliki kerawanan cukup tinggi. Satu dua mobil sudah kita kerahkan untuk memantau kawasan seperti Piket Nol khususnya selama arus mudik lebaran,” kata Wawan saat dihubungi melalui sambungan telfonnya, pada Ahad (02/6) malam tadi.

Bahkan menurut Wawan, BPBD juga melibatkan sejumlah relawan yang akan ditempatkan di lokasi untuk membantu kerja anggotanya selama melakukan pemantauan dan penanganan. Untuk menunjang kemudahan dalam bekerja, para relawan juga dibekali alat komunikasi. “Kami juga melibatkan para relawan. Mereka juga kami bekali dengan alat komunikasi yang tujuannya setiap saat bisa secepat mungkin melaporkan adanya informasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut secara khusus Wawan meminta kepada para pengemudi yang akan melewati kawasan Piket Nol harap berhati-hati ketika melintasi 9 titik rawan bencana yang berada di Piket Nol. Khususnya saat melintas di atas gladak perak. “Kepada para pengendara harap lebih berhati-hati di 9 titik rawan longsor. Mulai dari KM 53 hingga KM 59 Piket Nol. Utamanya saat melintas di atas setelahnya Gladak Perak,” himbaunya.

Selain himbauan, BPBD juga sudah memasang rambu-rambu untuk antisipasi kemungkinan terjadinya longsor di kawasan Piket Nol mengingat hujan intensitas tinggi masih terjadi di kawasan tersebut. “Rambu-rambu sudah kita pasang untuk keselamatan para pemudik,” tandasnya.

Untuk itu, BPBD Lumajang berharap arua mudik lebaran tahun ini bisa dinikmati oleh para pengendaran (pemudik) yang akan melintas di kawasan Lumajang Selatan. Namun begitu, sebelum kesana, para pengendara diharapkan agar selalu berhati-hati apalagi selama arus mudik lebaran dipastikan kendaraan cukup padat merayap melintas di kawasan Piket Nol. “Himbauan kami kepada para pengendara tetaplah berhati-hati, meningkatkankan kewaspadaan saat akan mudik melintas di Piket Nol. Semoga tahun ini arus mudik lebaran benar-benar bisa membawa berkah,’ pungkasnya.

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Ahmad Jafin

Editor : Mahrus Sholih