Pets Carnival Tampil Menggemaskan

RADAR JEMBER.ID –  Enam hewan dalam Pets Carnival, Jember Fashion Carnaval (JFC), tampil menggemaskan, kemarin (1/8). Mulai dari anjing, ular, iguana, kucing, ayam hias, dan musang. Hewan-hewan itu didampingi pawang atau pemiliknya.

IKLAN

Sebelum keenam hewan tersebut ditampilkan, acara diawali dengan tarian Jaranan Turangga dari Sanggar Seni Enis Kartika Budaya. Setelah itu, hewan-hewan tersebut keluar dari atas panggung utama secara bergiliran.

Bahkan, guest star-nya, anjing K-9 Pomal Angkatan Laut (AL) Juanda Surabaya, berjalan terlebih dahulu. Dalam gelaran JFC kali ini, anjing K-9 itu kali pertama ikut serta. Menurut Letkol Laut (PM) Edwin Heryana, pihaknya mengaku sangat antusias mengikuti karnaval hewan ini. “Memang kami baru mendapat informasi bahwa JFC ada Pets Carnival. Akhirnya, kami coba ikut. Ingin juga memeriahkan gelaran JFC ini, serta menunjukkan kepada masyarakat bahwa Pets Carnival ini ada K-9 Pomal,” kata pria yang memiliki jabatan Dandenpom Lanudal Juanda dari TNI AL ini.

Selain itu, dia berharap, keikutsertaan K-9 ini sebagai sarana edukasi serta promosi kepada masyarakat. Ada dua anjing beserta beberapa anggota yang ikut untuk JFC. “Kami punya enam anjing. Dua untuk JFC, dan empat hari Minggu besok kami juga ikut acara di Jakarta. Jadi, kami bagi tugas,” tuturnya saat ditemui Radarjember.id di belakang panggung.

Anjing K-9 itu mempunyai indra penciuman 1000 kali lebih baik daripada manusia. Serta dapat mendeteksi bau narkoba. Selain itu, memiliki kecerdasan setara anak berusia dua tahun. Dapat mengingat lebih dari 100 kata.

Dalam pertunjukan, sang pawang, Yuswanto, menginstruksikan anjing itu beberapa gerakan. Anjing itu pun melakukannya dengan benar dan memukau penonton. Selain Yuswanto, anjing K-9 lainnya ada anjing milik sang owner, Thomas Halim, yang berjalan di belakang Yuswanto.

David Kasusilo, Development Program JFC, menyebut, Pets Carnival tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain keikutsertaan anjing K-9, para peserta pun tak hanya dari Jember saja. “Pets Carnaval tahun ini lebih wow. Karena sudah melibatkan peserta dari luar Jember,” ungkapnya.

Selain itu, JFC ingin mengedukasi kepada masyarakat bahwa hewan-hewan yang ditampilkan kali ini adalah hewan peliharaan, yang tak boleh disakiti. Sedangkan untuk agenda hari ini yakni Kids and Artwear Carnival. Anak-anak kecil nan lucu imut-imut akan menampilkan kostum defile dari suku-suku dunia. Acara itu akan dimulai sesuai rundown acara, dimulai pukul 15.00 hingga 17.00.  (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Bagus Supriadi