Motor Terbakar Usai Isi BBM

RADARJEMBER.ID – Kebakaran hebat kembali terjadi di sebuah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Setelah pada seminggu sebelumnya kebakaran hebat juga melanda sebuah mobil mini bus yang berada tidak jauh dari SPBU Pasirian. Kali ini, SPBU yang berada di Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Lumajang, pada Sabtu (01/6) malam tadi sekitar pukul 21.30 WIB juga dilanda si jago merah.

IKLAN

Sontak kobaran api yang berada di dalam SPBU seketika menghebohkan warga sekitar. Baik para pengemudi yang sedang akan mengisi bahan bakar maupun petugas langsung berlarian. Mereka menghindari kobaran api di SPBU. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa.

Penyebab kebakaran sendiri diakibatkan adanya selang karburator sepeda motor salah seorang warga mengalami bocor saat sedang melakukan pengisian bahan bakar di SPBU. Ketika sedang menyalakan mesin motornya (menstater) tiba-tiba keluar percikan api. Dengan cepat percikan api lantas menjalar ke motor yang seketika itu api membesar dan langsung membakar motor.

Rustam (52) pemilik motor jenis Satria FU yang terbakar di SPBU mengatakan tidak tahu kalau selang karburator motornya bocor. Diakuinya kejadian kebakaran terjadi begitu cepat. Akibatnya dirinya tidak sempat menyelamatkan motornya dari kobaran api. “Awal mulanya menstater sepeda setelah mengisi bahan bakar. Tiba-tiba keluar percikan api. Api langsung membesar, seketika saya lari,” katanya.

Beruntung dengan kesigapan petugas SPBU kobaran api yang sempat membuat panik warga itu segera bisa dipadamkan.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban, SH SIK MM MH, mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di SPBU Sumberjati disebabkan adanya kebocoran karburator sepeda motor milik warga sekitar yang sedang mengisi bahan bakar.

Kendati demikian, Arsal menegaskan bahwa kebakaran yang terjadi bukan menimpa bangunan SPBU, melainkan motor konsumen yang terbakar akibat percikan api dari bocornya kaburator sepeda saat pemilik motor itu menyalakan mesin kendaraannya. “Iya tadi memang ada kebakaran di sebuah SPBU di Sumberjati, Tempeh.

Tapi yang perlu diluruskan bukan bangunan SPBU nya yang terbakar, melainkan sepeda motor konsumen akibat percikan api yang menyambar dari bocornya karburator,” ujar Kapolres saat dihubungi via telfon. Menurut Kapolres pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait peristiwa kebakaran ini guna memastikan sebab-sebab lain terjadinya kebakaran. “Kami akan lakukan penyelidikan untuk memastikan sebab-sebab lain,” tegas Kapolres.

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih