Jember Punya Kampung Pancasila

BARU: Bupati Jember, dr Faida MMR menandatangani prasasti Kampung Pancasila di Ponpes As Shiddiqi Putra (Astra), kemarin (1/6).

RADARJEMBER.ID – Demi melestarikan Pancasila, Pemerintah Kabupaten Jember mengambil terobosan baru, yakni meresmikan Kampung Pancasila, kemarin (1/6). Kampung tersebut yaitu berlokasi di Pondok Pesantren As Shiddiqi Putra (Astra) serta lingkungan Kulon Pasar, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates.

IKLAN

Bupati Jember dr Faida MMR mengungkapkan, penetapan Kampung Pancasila dilatarbelakangi oleh perjuangan KH Achmad Shiddiq dalam membela Pancasila sebagai ideologi tunggal di negara ini.

Menurutnya, Bangsa Indonesia bisa menikmati hasil tersebut dengan bukti hidup rukun dan damai. Perjuangan KH Achmad Shiddiq juga mampu menyamakan persepsi para ulama bahwa Pancasila tidak bertentangan dengan Islam.

“Perjuangan ini hanya mencapai satu mufakat, bahwa Pancasila adalah asas tunggal yang menjadi dasar Negara. Kami menginginkan hal tersebut tersosialisasi pada generasi muda untuk memperkuat semangat kebangsaan kita, semangat NKRI melalui ajaran besar KH Achmad Shiddiq,” paparnya.

Dengan diresmikannya Kampung Pancasila tersebut, maka Kampung Pancasila memiliki tugas untuk menyosialisasikan Islam dan Pancasila di Jember adalah satu harmoni. Itu juga akan bermanfaat untuk Jember sehingga terhindar dari paham radikal.
Faida menjelaskan, ke depannya di kampung tersebut juga dibuat serangkaian kegiatan seperti diklat serta pembelajaran tentang pemikiran besar KH Ahmad Shiddiq. Adanya Kampung Pancasila itu disinkronisasikan dengan kegiatan sosialisasi Satu Sekolah Satu TNI.

Dalam acara itu hadir KH Mochammad Barya Firjoun Barlaman, yang juga anak dari KH Achmad Shiddiq dan Komandan Kodim 0824 Jember Kolonel Inf Arif Munawar. Begitu prasasti Kampung Pancasila ditandatangani, surat keputusan bupati tentang penetapan Kampung Pancasila langsung diserahkan kepada kepada putra Almarhum KH Ahmad Shiddiq.

Kiai Firjoun mengapresiasi upaya Pemkab Jember yang menilai gagasan KH Achmad Shiddiq memberikan kontribusi signifikan kepada Bangsa Indonesia. Dirinya berharap perjuangan KH Achmad Shiddiq mampu membuat Bangsa Indonesia tetap aman, damai, dan menghargai keanekaragaman.

“Ini menjadi pemicu bagi kami untuk bisa melanjutkan pemikiran, perjuangan, serta wawasan yang beliau lakukan untuk bangsa,” tegas pria yang akrab dipanggil Gus Firjon tersebut.

Data yang berhasil dikumpulkan, selain meresmikan Kampung Pancasila, pemerintah sebelumnya menggelar upacara Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni. Selain itu, sejumlah bayi yang lahir kemarin diberi sertifikat khusus.

Reporter : Nur Hariri, Nurul Azizah

Fotografer : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Editor : Hadi Sumarsono