Tim Gabungan Lakukan Sterilisasi di Pintu Masuk Jember-Banyuwangi

CEGAH COVID-19: Petugas dari Polsek dan Koramil Silo memeriksa suhu tubuh penumpang bus yang masuk ke wilayah Jember. Tak hanya penumpang bus, pengendara motor dan mobil pribadi juga tak luput dari pemeriksaan petugas.

SILO.RADARJEMBER.ID – Tim gabungan dari Muspika Silo bersama petugas Puskesmas Tempurejo, Satpol PP Kecamatan dan Dinas Perhubungan Jember, melakukan sterilisasi dengan melakukan pemeriksaan. Langkah ini sebagai upaya pencegahan penularan virus korona (Covid-19) yang berasal dari luar daerah.

IKLAN

Pemeriksaan tersebut dilakukan terhadap pengendara kendaraan pribadi maupun penumpang angkutan umum. Termasuk para pengendara motor yang baru pulang dari tempat kerja di Bali. Khusus pengendara motor, diperiksa menggunakan scaner untuk mengetahui suhu tubuh di Pos Lantas Polsek Silo.

Sebelum diperiksa, pemotor harus terlebih dulu cuci tangan. Selanjutnya masing masing orang diminta menjawab sejumlah pertanyaan tertulis tentang asal daerah dan tujuan, serta tinggal di mana.

Rata-rata yang diminta untuk mengisi daftar isian itu baru pulang dari Bali. Untuk yang suhu tubuhnya 39 derajat Celsius lebih, akan diberi gelang warna merah. Artinya yang bersangkutan dalam pengawasan.

“Dari ratusan orang yang diperiksa suhu tubuhnya, rata rata 36,3 derajat Celsius. Itu sudah normal,” ujar salah seorang petugas dari Puskesmas Tempurejo.

Pemeriksaan tersebut dilakukan 24 jam dengan pembagian tugas sampai tiga sif. “Petugas dari polsek dan koramil langsung mengecek suhu tubuh penumpang,” kata Nunung AA, Camat Silo.

Pemeriksaan yang dilakukan sejak Selasa (31/3) lalu ini, tak hanya ke pengendara yang baru pulang dari Bali, tapi juga pemotor yang berasal dari Banyuwangi. Demikian juga dengan bus antarkota dalam provinsi yang mengangkut penumpang, baik dari Bali maupun Banyuwangi. Semuanya juga tak luput dari pemeriksaan petugas. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih