Ribuan Tiket Lebaran Sudah Terjual

ANGKUTAN FAVORIT: Transportasi kereta api, masih menjadi salah satu transportasi yang diminati masyarakat, terlebih untuk mudik lebaran nanti. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kereta Api (KA) salah satu transportasi yang paling diminati masyarakat saat ini. Apalagi untuk armada mudik lebaran Idul Fitri tahun ini. Apalagi, tiket mudik sudah mulai bisa dipesan per-tanggal 14 Februari lalu.

IKLAN

Hingga kini, tiket yang sudah terjual di wilayah kerja daerah operasi (Daop) 9 Jember sudah mencapai 8.131 tiket. Hal itu dibenarkan oleh Mahendro Trang Bawono, Manajer Humas Daop 9 Jember. “Ketersediaan tempat duduk kereta api reguler angkutan lebaran di Daop 9 Jember sebanyak 144.813 kursi,” ucap pria yang akrab disapa Mahendro ini.

Tercatat, jumlah tiket yang terjual hingga hari Kamis (27/2) lalu sebanyak lima persen dari total tempat duduk yang disediakan. Mantan Junior Manager Humas Daop 1 Jakarta ini, menambahkan, total ada lebih dari 162.000 tempat duduk yang disediakan Daop 9 Jember dan sudah bisa dipesan sejak H-90 lebaran.

“Jumlah tersebut dari delapan kereta api reguler dan empat kereta lokal yang akan dioperasikan untuk angkutan lebaran tahun ini,” papar Mahendro.

Daop 9 Jember juga mengoptimalkan sistem penjualan tiket dan meningkatkan kapasitas bandwidth sebanyak dua kali lipat. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan penjualan tiket kepada masyarakat.

Lebih lanjut, dia juga menghimbau agar masyarakat membeli tiket di penjualan resmi KAI. Serta bagi calon pengguna jasa KA, agar selalu mengecek jadwal keberangkatan dan ketersediaan tiket. Agar nantinya tak sampai keliru kereta atau tertinggal.

KA reguler jarak jauh dan menengah, serta empat KA lokal yang bakal dioperasikan Daop 9 Jember. Diantaranya, untuk KA reguler jarak jauh dan menengah ada KA Wijayakusuma relasi Stasiun Ketapang hingga Cilacap. Ataupun KA Ranggajati dari Jember menuju Cirebon PP. KA Lokal ada Pandanwangi, yang melayani rute Jember menuju Stasiun Ketapang Banyuwangi PP.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono