Sabu untuk Pesta Tahun Baru Digagalkan Polisi

TUNJUKKAN TEMPAT MENYIMPAN: Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal minta kepada tersangka Handoko untuk menunjukkan tempat sabu disimpan. 

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Menjelang tahun baru 2020, Polres Jember meningkatkan intensitas patroli sekaligus pengamanan wilayahnya. Di momen itu, Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Jember berhasil meringkus seorang pria yang diduga kuat pengedar narkoba jenis sabu. Salah satu yang diamankan adalah Handoko, 39, warga Desa Blaban, Kecamatan Batu Marmar, Pamekasan, Madura.

IKLAN

Handoko ditangkap petugas di salah satu hotel di Jalan Dharmawangsa, Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Selasa (31/12) sekitar pukul 08.00. Dalam penangkapan itu, polisi juga berhasil menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya 2 plastik berisi sabu seberat 80,65 gram, satu unit mobil Toyota Avanza nopol M 459 NC yang oleh Handoko digunakan untuk menyimpan sabu, dan uang tunai sebesar Rp 800 ribu.

Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, rencananya sabu yang dibawa oleh tersangka akan dikirim ke Puger. “Rencana itu akan digunakan pesta saat pergantian tahun (malam tahun baru 2020, Red). Namun, sebelum barang itu dikirim kepada pemesan, anggota reskoba berhasil mengendus lebih dulu dan kita lakukan penangkapan,” ujar Alfian didampingi Kasat Reskoba Iptu Agung Joko Hariyono, saat menggelar press release, kemarin.

Untuk mengelabui petugas, lanjut Alfian, tersangka menyimpan sabu itu di dalam kotak lampu belakang mobil sebelah kanan. Di dalam kotak lampu ada 2 bungkus plastik. Masing-masing berisi sabu seberat 60,10 gram dan 19,43 gram.

“Jadi, semua sabu itu disimpan di kotak lampu belakang. Itu adalah upaya tersangka untuk mengelabui kita,” ujar Kapolres Jember.

Pihaknya saat ini masih terus melakukan pengembangan untuk mencari pelaku lain yang diduga kuat terlibat dalam kasus itu. “Tersangka sudah menyebut nama yang kita duga penyuplai barang tersebut. Saat ini masih kita selidiki. Mudah-mudahan tidak lama lagi pelaku bisa tertangkap,” kata Alfian.

Selain sabu, polisi juga mengamankan ratusan botol minuman keras (miras) dari 2 toko di wilayah Kecamatan Balung dan Kecamatan Kencong. “Kami amankan 310 botol anggur merah, 27 Anggur Kolesom, 68 botol bir Bintang, 37 botol bir Singaraja, 36 botol Vodka Iceland, dan 6 botol arak Bali. Untuk pihak penjual kita kenakan tipiring (tindak pidana ringan, Red),” ujar Agung Joko Hariyono.

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono