Terkunci Tiga Paslon (?)

Salam-Ifan Calon Ketiga

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Menjelang hari pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup), arah dukungan partai politik kian mengental. Ini menyusul adanya partai yang banting setir. Serta kabar dikeluarkannya sejumlah rekomendasi oleh beberapa partai papan atas. Artinya, proyeksi lahirnya empat paslon sepertinya sudah terkunci. Sehingga tinggal tiga paslon saja yang bakal mendaftar di KPU.

Partai yang mengalihkan dukungan itu adalah Gerindra. Meski sejak awal partai ini diketahui merekomendasi pasangan bakal Cabup-Cawabup Djoko Susanto dan Ahmad Halim. Namun, menjelang tahapan pendaftaran, Gerindra justru banting setir kepada pasangan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun).

Rekomendasi ini telah diterbitkan dan diserahkan kepada pasangan tersebut oleh Ketua DPD Gerindra Provinsi Jawa Timur Suprayitno. Dengan demikian, Hendy dan Gus Firjaun telah direkomendasi secara resmi oleh empat partai politik. Masing-masing Partai NasDem, Gerindra, PKS, dan Demokrat.

Sementara, partai lain seperti Berkarya dan PAN, yang sebelumnya diwartakan bakal mendukung Hendy-Firjaun, masih membutuhkan kepastian. Sebab, kabar lain juga menyebutkan, dua partai ini akan berlabuh ke paslon Abdussalam dan Ifan Ariadna.

Kabar direkomendasinya Hendy dan Gus Firjaun oleh Gerindra dibuktikan dengan beredarnya foto penyerahan surat rekomendasi. Sementara itu, di tingkat kabupaten belum ada yang berani membenarkannya. “Saya belum tahu,” ucap Try Sandi Apriana, kader Partai Demokrat yang merupakan putra Hendy.

Anwari, Sekretaris DPC Partai Gerindra Jember, juga mengaku belum mengetahui kabar rekomendasi terkini partainya. Anwari mengarahkan agar langsung menghubungi Ketua Gerindra Jember M Satib. Namun, upaya konfirmasi yang dilakukan belum membuahkan hasil. Satib tak merespons konfirmasi yang dilakukan Jawa Pos Radar Jember. Kendati demikian, sumber terpercaya menyebutkan, pasangan Hendy dan Gus Firjaun telah direkom Gerindra.

Pasangan Hendy dan Gus Firjaun kini sudah memiliki tiket seperti halnya pasangan Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) yang maju lewat jalur perseorangan. Artinya, dua pasangan tersebut bisa mendaftar ke KPU Jember pada masa pendaftaran nanti, yang dijadwalkan pada 4-6 September.

Selain kedua pasangan itu, juga ada paslon Abdussalam dan Ifan Ariadna yang secara resmi telah mengantongi rekomendasi dari Partai Golkar. Selain itu, pasangan ini juga dikabarkan mendapat rekomendasi dari partai besar di Jember. Seperti PKB dan PDIP. Bahkan, PAN dan Berkarya juga disebut mendukung duet Salam-Ifan dalam kontestasi pilkada 9 Desember mendatang. Namun, baru Golkar yang telah menyampaikan dukungannya secara terbuka. Sedangkan PDIP, PKB, PAN, dan Berkarya, belum resmi mengumumkan dukungan itu ke publik.

Dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Abdussalam menjelaskan, pihaknya tidak akan melakukan klaim, tetapi akan membuktikannya. “Kami tidak akan klaim rekomendasi, tetapi kami insyaallah akan membuktikan kepada masyarakat dengan rekomendasi yang asli,” tegas Salam, yang kemudian menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada sejumlah pihak.

Sementara itu, Ifan Ariadna menyebut, terbitnya rekomendasi beberapa partai kepada pasangan Salam-Ifan menjadi tanda kepercayaan partai dan masyarakat untuk bersaing dalam kontestasi Pilkada Jember. “Ini merupakan satu langkah awal yang baik. Berikutnya, Salam-Ifan harus bekerja lebih keras agar benar-benar merebut simpati masyarakat Jember. Mendapat kepercayaan dari mayoritas masyarakat, dan tentunya harus amanah ke depannya,” papar Ifan.

Kendati demikian, Ifan masih tak membeberkan soal kepastian rekomendasi itu. Termasuk rekomendasi dari PKB. Dia hanya menjawab masih dalam proses. Kini, tinggal menunggu kabar resmi dari partai yang belum menyampaikan dukungan itu secara terbuka. Sebab, memang belum secara final menyampaikan ke publik siapakah calon yang akan diusung atau didukung untuk mendaftar di KPU Jember pada tanggal 4-6 September mendatang.

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Nur Hariri
Fotografer: Grafis Reza