Latihan Fisik di Siang Bolong

PANAS-PANASAN BARENG: Meski sinar matahari sedang terik, kondisi tersebut tak menyurutkan peserta ekstrakurikuler bela iri SDN Sempusari 1 untuk berlatih.

RADAR JEMBER.ID – Umumnya, ekstrakurikuler olahraga di sekolah dilaksanakan sore hari. Namun, SDN Sempusari 1 memiliki kebiasaan yang berbeda. Pasalnya, ekstrakurikuler bela diri di sekolah ini diadakan saat siang hari.

IKLAN

Aktivitas ini sengaja digelar siang hari agar tidak mengganggu kegiatan anak-anak didik ketika sore. Sebab, kebanyakan dari mereka pergi mengaji dan les, sehingga tak banyak yang datang di sore harinya. “Jadi, agar ekskul ini lebih efektif dan anak-anak bisa mengikuti semuanya, jadwalnya diatur siang,” tutur Rinhat William, salah satu guru olahraga SDN Sempusari 1.

Bela diri di SDN Sempusari, kata Rinhat, merupakan ekstrakurikuler yang sangat diminati oleh siswa. Pesertanya pun merata, dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Jika dijumlahkan, ada sekitar 25 persen dari total keseluruhan siswa SDN Sempusari 1 yang mengikuti ekstrakurikuler bela diri. “Ini lebih banyak dibandingkan jumlah siswa yang mengikuti ekskul lainnya, seperti menari, bermain musik, melukis, tilawah Alquran, dan lain-lain,” jelasnya.

Menurut Rinhat, sebagian besar alasan siswa tertarik bela diri adalah agar lebih siaga menjaga diri. Serta mampu meningkatkan rasa percaya diri anak-anak didik. Para siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tersebut dilatih langsung oleh spesialis bela diri dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Jember. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti