Kali Pertama, Ribuan GTT Dapat THR

DAPAT THR: Bupati Jember dr Faida MMR menyerahkan SK kepada GTT di Pendapa Wahyawibawagraha Jember

RADAR JEMBER.ID – Guru tidak tetap (GTT) yang mengajar SD dan SMP di Kabupaten Jember bisa swmringah, kemarin (31/5). Bagaimana tidak, Idul Fitri kali ini mereka menerima tunjangan hari raya alias THR untuk kali pertama.

IKLAN

Pemberian THR tersebut terungkap saat penyerahan SK penugasan 617 GTT SD/SMP oleh Bupati Jember dr Faida MMR, di Pendapa Wahyawibawagraha, kemarin (31/5). Menurutnya, seluruh GTT di Jember akan mendapatkan THR.

Pencairan THR berdasar Peraturan Bupati Tahun 2018 yang mengatur ketentuan honor GTT. “Selain honornya juga tunjangan domisili, juga mendapatkan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Itu sudah direalisasikan sejak tahun 2018.

Menurutnya, dalam Perbup Tahun 2018 juga mengatur tentang THR GTT. Hanya saja, pada tahun 2018 lalu, THR untuk GTT masih belum dicairkan. “Ketentuan THR sudah tahun 2018, akan tetapi tahun lalu belum dieksekusi. Tahun ini, untuk pertama kalinya hampir 5 ribu GTT dapat THR dengan besaran satu kali gaji,” ungkapnya.

Dana THR untuk ribuan GTT tersebut, menurut Faida, telah dianggarkan dan masuk pada Program Pendidikan Gratis (PPG) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. “Dananya dari PPG APBD Jember,” tegas Faida.

Disinggung terkait pemberian SK mutasi atau penugasan sebanyak 617 GTT tersebut, Faida menjelaskan, itu dilakukan demi memaksimalkan kinerja GTT sebagai tenaga pengajar di SD dan SMP. Menurutnya, semangat mutasi pada GTT kali ini yaitu mendekatkan para guru dengan sekolah tempatnya bertugas.

“Mutasi GTT per 1 Juni 2019, yaitu diprioritaskan untuk guru yang mengajar di luar desa/kecamatan, untuk kembali ke desa/kecamatannya. Jadi, guru SD ke desa tempat tinggalnya sedangkan guru SMP kembali ke kecamatannya,” pungkas Faida. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Hadi Sumarsono