Ternyata Baju Medis RSPAD Gatot Subroto Diproduksi di Jember

SELESAIKAN PESANAN: Sugiono (kanan) bersama keluarganya tengah menyelesaikan pesanan baju untuk tenaga medis di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Setiap hari, dirinya minimal mengirim 500 potong baju.

KALIWATES.RADARJEMBER.ID- Mewabahnya virus korona (Covid-19), ternyata membawa rezeki tersendiri bagi tukang jahit. Seperti usaha konfeksi milik Sugiono. Dia kebanjiran order untuk membuat baju untuk dokter yang bertugas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

IKLAN

“Minimal setiap hari saya harus mengirim 500 potong baju untuk para dokter,” ujar Sugiono, pemilik usaha konfeksi di Jalan Melati Gg IV/B25, Lingkungan Patimura, Kelurahan Jember Kidul, Kaliwates, Jember, Jawa Timur.

Menurutnya, agar bisa mengirim ribuan baju khusus dokter yang dipesan, dirinya melibatkan puluhan penjahit. “Sebagian memang memanfaatkan anak buah yang mengerjakan di rumah. Karena ada imbauan dari pemerintah tidak boleh ada kerumunan, sehingga dikerjakan di rumah masing-masing,” kata Sugiono.

Sementara, di rumah dia mengerjakan pesanan itu bersama istri dan dua anaknya. “Sebanyak 500 baju itu ukurannya XL dan XXL. Setiap pukul 12.00 siang saya siap-siap untuk mengirim baju yang sudah jadi,” tutur Sugiono didampingi Faiqoh, istrinya.

Banyak pesanan yang harus diselesaikan itu, Sugiono mengungkapkan, karena dokter dan tenaga medis di RSPAD setiap hari minimal tiga kali ganti baju. Sehingga memerlukan cukup banyak baju. “Untuk bahan baju ini yang ada hanya di Surabaya. Jadi saya beli di sana,” pungkasnya. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih