Lurus, Tak Perlu Muter Lagi

Jompo Dibuka, Arus Lalin Normal

MONGGO LEWAT: Petugas damkar menyemprotkan air untuk membersihkan sisa tanah yang menempel di aspal Jompo. Kini pengguna jalan bisa lewat Jl Sultan Agung dengan leluasa.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Masyarakat dan pemilik pertokoan di daerah Jompo akhirnya bisa bernapas lega. Sebab, selama ini mereka menunggu kapan ruas Jalan Sultan Agung di daerah Jompo itu kembali normal. Akhirnya, apa yang dinanti itu terwujud. Kemarin (31/3) sore, jalan protokol itu kembali dibuka.

IKLAN

Rencana dibukanya separuh ruas jalan Jompo itu sudah mulai ada tanda-tanda awal pekan ini, Senin (30/3). “Rencananya sore dibuka, tapi nunggu pembersihan dulu oleh damkar,” kata Iksan petugas ekskavator. Ternyata benar, kemarin pagi mobil Damkar mulai menyemprotkan air untuk membersihkan sisa tanah yang menempel di aspal saat perbaikan robohnya pertokoan Jompo. Pagi itu juga tampak Dishub, kepolisian, dan TNI.

Meski sudah ada titik terang jalan utama itu dibuka, namun warga masih waswas. Hingga siang hari, mereka masih meragukan tentang rencana pembukaan akses jalan tersebut. “Dibuka apa tidak ini ya?” tanya Wawan, pedagang kopi di daerah Jompo.

Jalur itu baru benar-benar dibuka setelah Bupati Jember Faida datang ke lokasi pada sore harinya. Akhirnya, secara resmi Jalan Sultan Agung kembali normal. “Jalan utama menuju Kota Jember ini dibuka kembali,” kata Faida.

Pembukaan jalan itu tidak seluruhnya seperti sebelum peristiwa robohnya pertokoan Jompo. Melainkan hanya separuh jalan. Sebagian ruas jalan masih ada yang ditutup untuk meneruskan pekerjaan perbaikan Jompo. Faida menyatakan, untuk selanjutnya, perbaikan permanen Jompo dilakukan oleh pemerintah pusat.

Hanya saja, Faida tak bisa menjelaskan, kapan tenggat perbaikan permanen itu selesai. Sebab, pengerjaannya memang menjadi kewenangan pemerintah pusat. Namun yang jelas, setelah perbaikan permanen selesai, daerah pinggir sungai tidak dipakai untuk bangunan lagi, tapi diperuntukkan sebagai taman kota. “Bangunan di pinggir sungai itu tidak layak. Sehingga untuk taman,” paparnya.

Sementara itu, kata dia, arus lalu lintas akan kembali seperti dulu lagi. Tidak ada pengalihan jalan. Para pengguna jalan yang hendak menuju alun-alun tak perlu repot lagi berputar-putar, tapi langsung lurus lewat Jl Sultan Agung. “Separuh ruas jalan dibuka ini mudah-mudahan melancarkan arus lalu lintas kembali,” katanya.

Pantauan Jawa Pos Radar Jember, jalan Jompo masih terdapat pembatas dari baja ringan. Satu sisi lalu lalang kendaraan, di sisi lainnya masih ada petugas yang menyelesaikan pekerjaan perbaikan Jompo.

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Mahrus Sholih