Diawali Khotmil Quran, Ditutup Selawatan

Warga Sekampung Ikut Bukber

PENUH ORANG: Jika di hari biasanya Gang Panili terlihat lengang, kemarin gang yang berada di Kelurahan Jember Kidul tersebut tampak sesak penuh warga. Mereka menggelar acara buka bersama yang diikuti oleh ratusan warga setempat. 

RADAR JEMBER.ID – Ratusan warga Kampung Panili (Kampung Ramadan), Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, mengadakan buka bersama (bukber), Minggu (26/5). Ini merupakan acara tradisi warga setempat setiap bulan Ramadan. Bukber ini guna mempererat silaturahmi dalam menyambut bulan suci umat Islam.

IKLAN

Acara rutin setiap tahun tersebut diawali dengan khotmil Quran sejak pagi yang melibatkan Pondok Al-Ghofilin, pimpinan Gus Baiquni Farid. Bukber sekampung itu juga ditutup dengan bacaan tahlil dan salawatan yang dipimpin Gus Hisyam dari keluarga Bani Shiddiq.

Semua warga yang ikut bukber duduk bersila di sepanjang Gang Panili hampir 500 meter hingga dekat mulut pintu gerbang Masjid Al-Ghofilin. Acara tersebut dihadiri oleh Lurah Jember Kidul, Camat Kaliwates, dan sejumlah tokoh.

Menurut Ketua RW 12, Kelurahan Jember Kidul, Agustono, acara bukber yang melibatkan seluruh warga itu mendapat dukungan dari berbagai kalangan. Selain bukber, kata Agustono, di kampung tersebut juga diadakan lomba hiasan gapura antargang yang disponsori Pondok Al-Ghofilin. “Agar gebyar Ramadan kian semarak dan bernuansa islami,” kata Agustono, menjelaskan tujuan acara tersebut. (*)

Reporter :

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih