Gudang Pengeringan Tembakau Berukuran 20 meter x 60 meter Terbakar

Mustofa For Radar Jember SULIT DIKENDALIKAN: Gudang pengeringan tembakau milik PTPN X Kebun Kertosari, Pakusari, di Dusun Sumbertengah, Desa/Kecamatan Mumbulsari, ludes terbakar.

MUMBULSARI – Warga di Dusun Sumbertengah, Desa/Kecamatan Mumbulsari kaget. Sebuah gudang pengeringan milik PTPN X Kebun Kertosari, Pakusari terbakar hebat, pukul 01.15 WIB kemarin. Padahal, gudang dengan 30 kamar itu sudah nyaris terisi tembakau.

IKLAN

“Gudang ini berukuran 20 meter x 60 meter. Total ada 30 kamar. Yang 24 kamar sudah terisi tembakau,” kata salah satu warga, kemarin.

Keterangan yang dihimpun radarjember.id menyebutkan, sekitar pukul 01.15 WIB, Hasan, 48, salah satu waker gudang mengatakan, saat kontrol keliling dia melihat api di bagian belakang. Hasan pun langsung mencoba memadamkan api. Tetapi karena sendirian, dia kesulitan. Api yang awalnya kecil makin lama makin besar dan terus merembet.

Apalagi, gudang pengeringan tembakau ini terbuat dari bahan bambu berdinding sesek dan berapa welit. Karena tak kuasa, selanjutnya kejadian itu langsung dilaporkan ke waker lainnya untuk menghubungi PMK.

Warga sekitar yang berdekatan dengan gudang juga ikut membantu memadamkan api dengan alat seadanya. ”Karena api besar sekali, warga dan karyawan gudang serta waker tak bisa berkutik lagi. Kami hanya bisa melihat saja,” kata warga itu.

Tak lama kemudian, Damkar BPBD Jember datang ke lokasi untuk memadamkan api yang terus melalap gudang berisi tembakau yang baru diasap tersebut. Anggota Polsek Mumbulsari juga datang ke lokasi setelah mendapat laporan dari warga.

”Akibat kejadian ini, PTPN X Kebun Kertosari, Pakusari mengalami kerugian Rp 550 juta,” kata AKP Hari Supadmo, Kapolsek Mumbulsari.

Reporter & Fotografer: Jumai
Editor : Hadi Sumarsono
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah.

Reporter :

Fotografer :

Editor :