Ngopi Gratis untuk Korban Gempa Lombok

HAFID ASNANN/RAME PEDULI LOMBOK: Sejumlah komunitas bergabung untuk menggalang bantuan peduli gempa Lombok.

RADARJEMBER.ID- Banyak cara yang dilakukan sebagian kalangan masyarakat untuk menunjukkan kepedulian pada korban gempa di Lombok. Nah, di Lumajang tidak sporadis. Juga tidak setengah-setengah. Puluhan komunitas kumpul bareng dengan membuat slogan Lumajang Peduli Gempa Lombok.

IKLAN

Memang intinya adalah galang dana. Tapi tidak turun jalan di perempatan maupun lampu merah. Melainkan dengan menggalang dana di warung-warung kopi. Menempatkan kotak donasi peduli lombok sampai menggratiskan warung kopi. Di acara minggu kemarin juga ada Car Free Day Peduli lombok.

Niken Suyanti, salah satu penggiat komunitas dan pengusaha Lumajang menjelaskan, pada hari bersamaan seluruh warung kopi dan kafe menggratiskan kopi. “Digratiskan memang. Ada puluhan warung kopi dan kafe. Serentak pada hari itu. Sekarang sudah mulai terbatas,” katanya.

Penggratisan itu dimulai pada 8 Agustus kemarin dan sampai sekarang ada juga yang digratiskan. Gratis dalam artian menikmati kopinya. Tetapi, pembeli atau pelanggan diperkenankan mengisi donasi pada kotak yang disediakan buat korban gempa Lombok.

Sementara itu, Alex Kusuma, aktivis sosial di Lumajang lainnya menjelaskan, acara tidak hanya sehari. Tetapi berlanjut beberapa hari. Sampai-sampai pada acara CFD sekalipun juga digelar acara bersama.

Yakni dengan menggelar perform di empat titik spot kawasan Alun-alun Lumajang. Hasilnya didonasikan pada korban gempa Lombok. Dia menjelaskan, spot A alun-lun timur ada hiburan penampilan teatrikal dan puisi (Gatra, FLP), Penampilan Papringan Musik Bambu (PMB), yang dikoordinasi oleh Dany dari komunitas SEMUT Peduli.

Spot B pada alun-alun selatan atau depan Pendopo Lumajang ada hiburan Penampilan Polisi Cilik Polres Lumajang dan Pramuka Saka Bhayangkara Lumajang. Spot C alun-alun barat ada hiburan Akustik Raka. Dan spot D alun-alun utara ada perform Akustik Yudhie GA n Friend dan Titik Kedai Komunitas Pegiat Kopi Lumajang.

Semua hasil dari agenda Kota Lumajang Peduli gempa Lombok langsung disalurkan bersama. “Intinya memang kita semua menggalang kebersamaan untuk membantu korban gempa di lombok,” katanya.

Dengan makin tingginya antusiasme warga, dia berharap pola kebersamaan seperti ini bisa terus dijaga dan ditingkatkan. Dengan cara yang santun dan menarik. Tidak monoton dan lebih elegan dalam mengetuk hati warga Lumajang untuk semakin peduli

Reporter & Fotografer: Hafid Asnan
Editor : Narto
Editor Bahasa: imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :