Kapolda Jatim Irjen Pol. Machfud Arifin ke Jember Lakukan Empat Peresmian Sekaligus

Kapolda Jatim Irjen Pol. Machfud Arifin didampingi Kapolres Jember ABKP Kusworo Wibowo dan Ust Yusuf Mansyur foto bersama didepan masjid yang baru diresmiikan.

RADARJEMBER.ID- Kunjungan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Drs. Machfud Arifin, SH ke Jember 2 agustus 2018 memberikan kesan mendalam bagi warga Jember, khususnya keluarga besar Polres Jember. Pasalnya, Kapolda langsung melakukan empat peresmian dalam sehari berada di Jember.

IKLAN

Diantaranya peresmian Markas Polisi Sub Sektor (Mapolsubsektor) Ajung di Kawasan Jember Sport Garden (JSG). Dilanjutkan pembukaan pelayanan terpadu Samsat Corner di Roxi Mall dan Gedung Barak Dalmas Shabara di kawasan perumahan Polres Jember. Yang terakhir meresmikan masjid Man Ja’ul Abidin yang cukup megah di Markas Polres Jember.

Bahkan, dalam peresmian masjid dengan kapasitas hingga 300 jamaah ini juga menghadirkan penceramah kondang nasional Ustadz Yusuf Mansyur memberikan tausiah kepada undangan dan masyarakat Jember. Kapolda bahkan kagum dengan kemegahan serta menilai masjid tersebut memiliki arti nama bagus yakni sebagai tempat bersandarnya hamba Allah.

Machfud juga mengapresiasi Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mewujudkan Mapolsubsektor Ajung karena ada kecamatan baru. Diharapkan keberadaan subsektor ini bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekitar. Machfud mengatakan tidak mudah untuk membangun Mapolsubsektor di wilayah.

Keberhasilan ini patut diapresiasi dengan pembangunan melibatkan semua pihak. “Diharapkan bisa lebih memaksimalkan dalam pelayanan kepada masyarakat, ini sebagai wujud kepedulian dan pengabdian serta tanggung jawab kami sebagai Polri,” harapnya. Dirinya mengharapkan Subsektor ini menjadi embrio kedepan bisa berubah menjadi Polsek.

Untuk Samsat Corner, Machfud menjelaskan ini akan dapat membantu masyarakat membayar pajak kendaraan karena nanti tidak perlu lagi ke kantor Samsat yang jauh, tapi cukup di mall. “Bisa ke mall sekalian belanja. Kalau capek, bisa minum kopi,” ucapnya. Kemudahan pelayanan ini dilakukan Polri karena kultur masyarakat juga sudah berubah.

Institusi pemerintah harus berubah dengan meningkatkan pelayanannya pada masyarakat yang terus berkembang. Kesadaran masyarakat membayar pajak ini harus difasilitasi dengan baik. Unit pelayanan Polri juga perlu mencontoh inovasi pelayanan serupa guna memberikan akses pelayanan yang ramah, mudah dan praktis bagi masyarakat.

Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kehadiran Kapolda Jatim tersebut. “Polda Jawa Timur memiliki sosok figur pemimpin tauladan. Ketauladanan ini, diantaranya beliau setiap menjabat Kapolda dan Kapolres senantiasa membangun Masjid demi membangun karakter personilnya,” jelas Kusworo.

Semangat inilah yang menular kepada pihaknya untuk membangun masjid Polres Jember. “Kami tercambuk, termovitasi dan akhirnya membulatkan tekad membangun kembali masjid yang semula satu lantai menjadi dua lantai,” jelas Kusworo. Peresmian Masjid Polres Jember ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang sekaligus juga membuka secara resmi penggunaan Masjid Mal Ja’ul Abidin, Mapolsubsektor Ajung, Samsat Corner dan Gedung Barak Dalmas Satuan Sabhara.

Kusworo  mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Jember yngg telah membantu pembangunan kantor Polsubsektor Ajung. Saat ini status tanahnya masih pinjam pakai, harapan kami semoga dapat ditindak lanjuti kepada hibah sehingga dapat meningkat statusnya menjadi Polsek untuk dapat meningkatkan pelayanan kepolisian pada masyarakat.

Terima kasih juga disampaikan Kapolres kepada pihak Roxy Square yang suadah membantu terwujudnya Samsat Corner demi peningkatan pelayanan prima kepada kepolisian.

Sementara itu usai sholat dhuhur berjamaah, Ustad Yusuf Mansyur dalam sesi acara tausyiah menyampaikan harapannya agar Masjid ini bisa lebih makmur dan diberkahi. Menjadi tempat yang rajin dikunjungi dan bersandarnya para hamba Allah.

Reporter : Jumai
Fotografer: JUMAI, HUMAS POLRES JEMBER

Reporter :

Fotografer :

Editor :