Pasang Merah Putih 500 Meter

MAHRUS SHOLIH/RADAR JEMBER MERAH PUTIH PANJANG: Pengurus Remas Al-Ikhlas Muhammad Rudi membenahi posisi umbul-umbul merah putih yang terbalik. Umbul-umbul sepanjang 500 meter ini untuk memperingati HUT ke-73 kemerdekaan RI.

RADARJEMBER.ID- Memperingati hari kemerdekaan RI bisa dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan Remaja Masjid (Remas) Al-Ikhlas di Dusun Curah Buntu, Desa/Kecamatan Jenggawah. Mereka memasang umbul-umbul merah putih sepanjang 500 meter di area masjid, gang, serta jalan di sekitaran tempat ibadah tersebut.

IKLAN

Pengurus Remas Al-Ikhlas Muhammad Rudi mengatakan, ide pemasangan umbul-umbul itu berawal dari keinginan sederhana, yakni peringatan hari kemerdekaan di kampungnya terlihat meriah. Karena di beberapa tempat, banyak warga yang memasang bendera yang dikombinasi dengan lampu kerlap-kerlip.

Namun, dalam perjalanannya, dirinya berinisiatif membuat sesuatu yang berbeda. Sehingga, dirinya mengusulkannya kepada anggota remas dan jemaah di sekitaran masjid agar memasang umbul-umbul panjang. Hal ini, kata dia, untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme serta patriotisme para anggota remas. “Sehingga, diputuskan untuk memasang 50 bendera merah putih, dan umbul-umbul sepanjang 500 meter,” ungkapnya, saat ditemui kemarin.

Menurut pemuda 32 tahun ini, pemasangan itu dilakukan secara bertahap sejak dua hari lalu. Meski baru dipasang, namun persiapannya sudah jauh-jauh hari dilakukan. Umbul-umbul tersebut juga dijahit sendiri oleh jemaah masjid setempat. “Soalnya kami tidak membeli umbul-umbul yang sudah jadi, tapi membeli kain merah dan putih kemudian dijahit sendiri,” tuturnya.

Rudi menuturkan, biaya pembuatan umbul-umbul itu merupakan dana hasil patungan dari remas dan jemaah masjid. Total anggarannya mencapai Rp 2,5 juta. Besarnya dana yang dibutuhkan, karena tak hanya umbul-umbul saja yang dipasang, melainkan juga lampu serta 50 bendera merah putih. “Untuk bendera, rencananya dipasang sore ini (kemarin, Red). Untuk tiang juga sudah kami siapkan,” ujarnya.

Umbul-umbul dengan lebar 90 sentimeter ini dijahit sendiri oleh Romlah, jemaah Masjid Al-Ikhlas. Perempuan 39 tahun ini mengaku, lebih dari sepekan dirinya menyambungkan kain merah dan putih tersebut. Lamanya pengerjaan itu karena kain yang dijahit cukup panjang, selain itu mesin yang digunakan juga masih manual. “Hampir setiap hari saya menjahit. Alhamdulillah selesai juga,” ucapnya.

Pantauan radarjember.id, umbul-umbul yang dipasang menggunakan tali kawat itu tak hanya di kawasan masjid saja, tapi hingga masuk ke dalam gang yang menuju area persawahan. Selain itu, umbul-umbul tersebut juga dipasang menyambung hingga ke pinggir jalan yang menuju ke Bandara Notohadinegoro. Sehingga, umbul-umbul yang panjangnya setengah kilometer ini menjadi perhatian warga yang sedang melintas di kawasan setempat.

Reporter & Fotografer : Mahrus Sholih
Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :