Misi Sungai Bersih Lewat Lomba Dayung

Jumai/Radar Jember HOLOPIS KUNTUL BARIS: Tim Muspika Rambipuji saat meladeni tantangan empat tim lain beradu kecepatan dengan perahu karet di Sungai Bedadung.

RADARJEMBER.ID- Ada-ada saja cara warga memperingati Agustusan. Kali ini warga Rambipuji menyulap sungai Bedadung menjadi arena lomba dayung. Tak pelak acara yang baru pertama digelar itu mencuri perhatian warga. Ratusan warga tumpek blek di sungai Bedadung di Desa Kaliwing, Kecamatan Rambipuji, kemarin.

IKLAN

Mereka ingin menyaksikan lomba dayung yang digelar gabungan karang taruna dari 8 desa yang ada di Kecamatan Rambipuji itu. Anak-anak, tua muda menyesaki bantaran sungai.

Biasanya lomba dayung menggunakan kano. Tapi, kali ini tidak. Panitia memilih menggunakan perahu karet. Ada lima tim yang harus beradu kecepatan dan masing masing tim ada 5 ditambah 1 pemandu.

Lomba dayung rupanya tak hanya sebagai hiburan dan olahraga. Tapi,  ada misi besar yang dibawa. Yakni, mengajak warga khususnya masyarakat Rambipuji untuk peduli sungai. Tidak lagi membuang sampah ke sungai. “Karena sungai bukan tempat pembuangan sampah, tetapi harus dijaga kebersihannya,” ujar Satuki Camat Rambipuji.

Pihaknya sengaja memilih sungai Bedadung di Rambipuji karena sungai ini sering kotor oleh sampah. Lebih-lebih jika musim banjir. Kiriman sampah akan menggunung di sungai. Satuki mengatakan, karena lomba ini masih baru, perlu didukung dan dikenalkan lebih jauh kepada masyarakat. “Apalagi ini juga yang pertama kali diadakan di Jember,’’ tukasnya.

Tahun depan, rencananya akan ditata sebaik mungkin. Sehingga lomba dayung ini benar benar menjadi hiburan masyarakat.

Nantinya setelah lomba dayung pihaknya akan mengajak warga masyarakat untuk membersihkan sampah di sungai. Dengan menyisir sungai mulai dari hulu hingga ke hilir.

Sementara Dedi M. Nurhadi Kadispora Jember yang juga sempat mengatakan, kegiatan ini sangat menarik. Dia berharap, lomba dayung ini akan menjadi destinasi wisata baru di Jember.

Reporter & Fotografer: Jumai
Editor : MS Rasyid

Reporter :

Fotografer :

Editor :