Ikut Tersenyum untuk Dunia

RADARJEMBER.ID- Angin kencang yang berhembus kemarin (9/8) rupanya cukup membuat peserta Jember Fashion Carnaval (JFC) kids carnival kerepotan. Dengan kostum yang berukuran jauh lebih besar dari badan mereka, ratusan peserta berusia belia itu harus berjibaku melawan terpaan angin sepanjang sore.

IKLAN

Ini adalah pemandangan yang tampak dalam perhelatan JFC hari kedua yang berlangsung sore kemarin. Seperti hari-hari sebelumnya, cuaca memang lumayan dingin dan berangin. Beberapa peserta terlihat terhuyung ketika berjalan di sepanjang runway Jalan Sudarman. Bahkan di beberapa defile, aksesoris kostumnya harus dipegangi oleh orang dewasa yang ikut mendampingi peserta.

Ada sesuatu yang unik yang tampak kemarin. Dalam perhelatan JFC kids carnival tersebut, dua defile diikuti oleh anak-anak dari sekolah inklusi. Kedua defile tersebut adalah defile Saudi Arabia dan India. “Mereka adalah siswa berkebutuhan khusus dari Sekolah Star Kids dan Smile World RS Bina Sehat,” ujar Budi Setiawan, event director Jember Fashion Carnival.

Beberapa anak harus didampingi secara khusus oleh orang dewasa. Salah satu peserta pun terlihat tidak lepas dari gandengan pendampingnya. Namun dengan segala keterbatasan tersebut, senyum mereka tak sekalipun menghilang dari wajah sumringahnya. “Kami ingin memperlihatkan bahwa anak berkebutuhan khusus juga bisa membuat prestasi yang membanggakan,” lanjutnya.

Selain pergelaran kids carnival, dalam rangkaian JFC kemarin juga membuka pameran ekonomi kreatif yang digelar di Alun-Alun Jember. Ekshibisi tersebut menjadi wadah bagi komunitas dan UMKM untuk memperkenalkan kreativitas mereka. Tak hanya diisi oleh pelaku industri kreatif Jember, daerah lain pun turut menyumbangkan karya kreatifnya seperti Surabaya dan Pati, Jawa Tengah.

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti
Editor : MS Rasyid
Fotografer: Dwi Siswanto

Reporter :

Fotografer :

Editor :