Wisata Susur, Upaya Warga Kaliwining Kelola Sungai Bedadung

BUTUH PENGEMBANGAN: Sejumlah remaja mandi di salah satu areal wisata Susur, Sungai Bedadung, Desa Kaliwining.

RADARJEMBER.ID – Hampir setiap hari, ada saja warga yang mengunjungi sungai Bedadung, di Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji. Pemandangan ini sudah berlangsung dalam sebulan terakhir, setelah sungai tersebut dijadikan tempat Wisata Susur sungai oleh para pemuda setempat.

IKLAN

Sungai Bedadung memang memiliki ukuran yang lebar. Kondisi sungainya lumayan dalam, pas dibuat tempat wisata. Ditambah lagi, keindahan pemandangan alam sekitar yang mendukung. Tak heran, ada saja warga yang datang ke sungai tersebut untuk sekadar menghilangkan rasa penat dari kejenuhan aktivitas sehari-harinya.

Saiful Ivan Hermansyah, pemuda desa setempat yang ikut mengelola tempat wisata menyebutkan, di lokasi wisata saat ini memang belum ada pembangunan yang signifikan. Namun, dengan dimulainya branding Wisata Susur, dapat menarik simpati banyak orang termasuk pemerintah.

“Untuk saat ini belum ada pembangunan di lokasi wisata, karena masih proses. Pada awal Agustus lalu, kami mengenalkannya kepada masyarakat, yaitu dengan mengadakan lomba balap perahu karet. Kami bersyukur masyarakat sangat antusias dan mendapat dukungan dari pemerintah,” kata Syaiful yang juga menjadi bendahara di wisata tersebut.

Pada pengenalan awal Agustus lalu, para pemuda karang taruna di desa setempat kompak menghidupkan wisata susur pantai. Sosialisasi agar banyak orang yang datang digencarkan melalui pamflet, spanduk, media sosial, serta dari mulut ke mulut. Meski sebatas itu, pendaftar lomba balap perahu karet cukup memuaskan, yaitu ada 32 peserta.

“Melihat momen itu, para pemuda di sini tambah semangat bahwa ke depan wisata susur pantai akan bisa menyedot perhatian banyak orang. Ditambah lagi, ada dukungan penuh dari pemerintah desa, kecamatan, sampai kepada pemerintah kabupaten,” jelas Saiful.

Untuk membuat dan mengembangkan Wisata Susur Sungai, Saiful dan para pemuda lainnya menyadari itu bukan perkara mudah. Namun, mereka tetap semangat dan kompak menyulap sungai Bedadung menjadi lokasi wisata.

Beberapa hal yang menjadi tantangan untuk pengembangan wisata yaitu kebersihan di sekitar sungai, jalan yang kondisinya masih setapak, serta butuh beberapa sentuhan lain agar orang bisa santai di lokasi susur sungai tersebut. “Kami tetap berharap dukungan dari semua pihak, baik masyarakat sekitar maupun pemerintah,” tegasnya.

Secara terpisah, Camat Rambipuji Ir M. Satuki ikut memberi dukungan terhadap kreativitas para pemuda di Desa Kaliwining tersebut. Menurutnya, para pemuda di sana kompak dan semangat. “Begitu saya tahu (potensi Wisata Susur, Red), saya sampaikan kepada Kepala Dinas Pariwisata. Kemudian, terselenggara lomba dayung menggunakan perahu karet,” ungkapnya.

Lomba balap perahu karet menurutnya bisa disebut yang pertama di Jember. Sebelumnya, pernah ada, tetapi menggunakan perahu nelayan. “Yang jelas, ke depan pemerintah akan memberi support karena lokasinya juga bagus,” pungkasnya.

Reporter & Fotografer: Nur Hariri
Editor : Hadi Sumarsono
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :