Syahfana, Komunitas Ngaji dan Bersosialisasi: Rencanakan Melancong Sembari Beramal

RAYAKAN KEBERSAMAAN: Merayakan ulang tahun salah satu anggota secara bersama-sama menjadi keseruan tersendiri bagi anggota komunitas pengajian Syahfana.

RADARJEMBER.ID –Meskipun baru terbentuk resmi kurang dari setahun, namun Komunitas Syahfana ternyata memiliki mimpi yang cukup tinggi. Beberapa rencana sudah ada dalam daftar keinginan Syahfana. Salah satunya adalah traveling. “Pinginnya sih wisata religi. Seperti umrah bersama mungkin,” tutur Pratiwi Hidayani, salah seorang anggota Syahfana.

IKLAN

Sebelumnya, Syahfana juga pernah mengadakan wisata religi. Salah satunya seperti berkumpul di Masjid Roudlotul Muhlisin, masjid yang dianggap sebagai salah satu ikon Kota Jember. Meskipun hanya di Jember, tetapi jangan diremehkan, karena kegiatan ini bisa menghadirkan sisi spiritual yang tinggi kepada komunitas ini.

“Salah satu kegiatan paling berkesan menurutku ketika kita ziarah umrah ke salah satu teman yang baru pulang dari tanah suci. Di situ kita berdoa dan ngaji bersama ustazah,” ujar Erna, anggota komunitas lainnya yang juga seorang notaris. Oleh karena itu, walaupun bisa dikatakan kegiatan kecil, namun cukup memberikan dampak besar secara psikologis kepada sisi religiusitas kelompok ini.

Selain itu, aksi sosial terakhir yang pernah digarap Syahfana antara lain aksi sosial untuk korban gempa Lombok. “Kami ambil dari iuran kas yang terkumpul dari setiap pertemuan rutin, untuk membeli beberapa barang yang dibutuhkan saudara-saudara kita di sana. Jadi, kami kirim dalam bentuk barang ke NTB (Nusa Tenggara Barat),” tutur Nieka. Dirinya mengatakan, meskipun tidak seberapa, namun diharapkan bisa meringankan beban saudara yang sedang tertimpa musibah di Lombok.

Reporter :Adi Faizin
Editor :Rangga Mahardika
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :