Malam Puncak Cashless Attack

Generasi Milenial, Ayo Bertransaksi Non Tunai

MEMPESONA: Penampilan Nevo Band yang menjadi juara ketiga Festival Band Akustik dalam rangka sosialisasi Cashless Attack

RADAR JEMBER.ID – Trinity Band, grup band akustik asal SMAN 1 Jember langsung bersorak begitu nama tim mereka diumumkan sebagai jawara dalam Festival Band Akustik, kemarin (25/8). Penampilan mereka semenjak babak audisi hingga sesi grand final benar-benar memukau dewan juri. Terlebih lagi sat membawakan aransemen lagu lama yang diubah menjadi lebih ear-catching di telinga penontonnya.

IKLAN

Selain Trinity Band, Papermint Band dan Nevo Band masing-masing meraih gelar juara kedua dan ketiga. Sementara Accous Band dinobatkan sebagai band terfavorit.

Di kategori lomba videografi Instagram, tim yang diketuai Ega Naila Nuril Arfi dari SMAN 2 Jember yang menjelaskan tentang manfaat transaksi non tunai berhasil meraih juara pertama, diikuti oleh video dari tim Muhammad Maulana Ishaq dari SMKN 1 Bondowoso dan Dyah Ayu dari SMK PGRI 5 Kencong di tempat kedua dan ketiga. Sedangkan sesi pemilihan Duta GNNT-BI, hingga berita ini ditulis, masih dalam sesi penjurian.

Ketiga jenis lomba tersebut merupakan langkah yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember untuk menggaet pelajar SMA dan sederajat, dalam sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai. Sebagai informasi, Bank Indonesia telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai pada 2014 silam. Ini adalah wujud nyata untuk mencapai salah satu misi Bank Indonesia yaitu sistem pembayaran yang aman, efisien, lancar dan andal, dengan memperhatikan perluasan akses sistem pembayaran dan perlindungan konsumen.

Untuk menggaungkan Gerakan Nasional Non Tunai secara berkelanjutan, KPwBI Jember menyelenggarakan sosialisasi GNNT bertajuk Cashless Attack yang puncaknya digelar kemarin (25/8). Sejumlah rangkaian kegiatan dilakukan, salah satunya roadshow ke SMA Negeri 2 Jember, MAN 1 Jember dan SMK Negeri 3 Jember. Selain itu digelar pula festival band akustik, lomba videografi Istagram, serta pemilihan Duta GNNT-BI. Dan pada puncak acara adalah pengumuman jawara dari masing-masing lomba.

Hestu Wibowo, Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya siswa SMA/sederajat, terhadap Gerakan Nasional Non Tunai dan meningkatkan frekuensi penggunaan instrumen non tunai dalam kegiatan ekonomi sehari-hari.

Pihaknya juga berharap dengan kegiatan sosialisasi dan lomba-lomba yang mengandung konten GNNT dapat membumikan konsep sistem pembayaran non tunai. Sehingga lebih mudah dipahami dan dapat menambah wawasan pelajar khususnya di kalangan SMA.

“Pelajar merupakan generasi milenial sehingga tidak boleh ketinggalan kemajuan teknologi sistem pembayaran non tunai. Di samping itu kami berharap setelah siswa mendapat sosialisasi GNNT, dapat meneruskan informasi tersebut kepada masyarakat yang lebih luas tentang apa itu GNNT, manfaat, tujuan, instrumen non tunai dan cara menggunakan instrumen tersebut dengan aman,” pungkasnya. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti