Peserta Puas, Acara Meriah

Lomba Foto Genic dan Mewarnai Ditutup Manis di Jetos

AYO SEMANGAT, NAK: Para siswa TK dan PAUD se-Jember unjuk gigi dalam Lomba Mewarnai di Jember Town Square, Jalan Kaliurang, yang digelar Jawa Pos Radar Jember, kemarin.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Penghargaan pemenang Lomba Foto Genic dan Lomba Mewarnai di Jember Town Square (Jetos) berlangsung meriah kemarin (22/2). Meski panas menyengat, seluruh peserta tetap antusias mengikuti gelaran reguler yang hampir tiap tahun digelar Jawa Pos Radar Jember itu.

IKLAN

“Ini kesempatan bagus bagi anak-anak kami untuk unjuk gigi dalam lomba ini. Apalagi semua peserta mendapatkan goodie bag dan playzone element,” cetus salah satu guru dari MIMA Jember.

Pada Sabtu (22/2) pagi, suasana apartemen di Jetos itu memang disulap lebih meriah. Anak-anak usia TK hingga Paud datang bersama orang tua mereka. Mereka datang untuk mengikuti lomba mewarnai tingkat Paud dan TK yang digelar Jawa Pos Radar Jember.  Mereka kian bersemangat meski hanya berpartisipasi. Selain itu, mereka mendapat trofi peserta. Apalagi kalau juara.

”Ini yang semakin membuat mereka bersemangat untuk ikut lomba mewarnai. Sebab, semua peserta mendapat trofi dan sertifikat,” kata Mulyadi, Ketua Panitia Lomba Mewarnai Jawa Pos Radar Jember.

Acara anak-anak seperti lomba mewarnai seperti itu sejatinya tidak sekadar mencari juara saja. Namun, mampu menumbuhkan daya kreasi dan semangat mereka. “Jadi, piala ini untuk semangat mereka. Tidak ada yang kalah dalam lomba ini. Semua menang. Tapi, ada yang terbaik untuk mendapatkan sejumlah penghargaan lain,” jelasnya.

Keseruan lomba mewarnai juga dirasakan para peserta lomba foto genic. Sebab, di tengah-tengah lomba mewarnai, ada pemberian hadiah bagi lomba foto genic.

Menurut Mulyadi, lomba mewarnai itu diikuti 250 murid TK dan Paud. Acara kian meriah ketika anak yang berani naik ke panggung langsung diberikan hadiah dadakan. “Pada intinya, kami ingin mengasah keberanian anak-anak dalam acara hiburan. Mengasah keberanian anak itu secara sederhana, cukup naik panggung saja,” jelasnya.

Sementara itu, Imron, salah satu juri lomba mewarnai menyatakan bahwa secara umum hasil mewarnai kali ini cukup bagus. Bahkan, tak hanya memakai teknik mewarnai blok saja. Ada anak yang sudah pakai intuisi dengan teknis gradasi.  “Kalau ingin gambarnya bagus, coba mewarnai sesukamu. Keluar dari pakem (standar, Red),” ujarnya.

Sementara itu, Ainul Yaqin, orang tua Qonita Nur Qismiyah, salah seorang peserta lomba mewarnai dari TK Darus Sholah, menuturkan bahwa anak pertamanya tersebut memang memiliki hobi mewarnai. Bahkan, Qonita sudah kali ketiga mengikuti lomba serupa di berbagai tempat.

“Sebagai orang tua tentu sangat mendukung hobi anak dalam hal mewarnai. Semakin sering mengikuti lomba mewarnai, anak akan semakin kreatif,” terang Ainul.

Warga Jalan Teuku Umar, Kecamatan Kaliwates, tersebut tidak menargetkan anaknya untuk meraih juara. Namun, dia ingin anaknya itu mampu berimajinasi dan berani berkompetisi dengan anak-anak yang tidak dia kenal.

Berdasar hasil lomba mewarnai, pemenang kategori TK diraih Al Makki dari TK Arni. Juara II didapat Eka Poetri asal TK Pertiwi. Sementara itu, juara III diperoleh Shelana dari TK Idhata. Sedangkan kategori Paud, Arkana dari Paud Tulip 1 Mayang keluar menjadi jawara. Juara II didapat M Azam, Paud Darus Sholah, lalu disusul juara III Jati Asyam asal Paud Puspa Hati.

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Hadi Sumarsono