Pemuda Perlu Solusi, Bukan Mengeluh

Agusta Jaka Purwana, Pebisnis - Anggota DPRD Jember

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Nama seorang tokoh H Agusta Jaka Purwana SE, MM, tak asing di Kabupaten Jember. Apalagi, pria berusia 44 tahun ini merupakan wakil rakyat. Dia menjadi anggota DPR pada periode 2019-2024. Dia juga merupakan pebisnis tembakau dan cerutu. Pria 44 tahun itu pada dasarnya menyukai dunia bisnis dan tertarik untuk masuk ke dunia politik. Namun, dia masuk ke dunia politik untuk memberi manfaat besar kepada masyarakat.

BACA JUGA : Tanamkan Nasionalisme, Begini Cara SMP di Jember Peringati Sumpah Pemuda

Sekretaris DPC Partai Demokrat Jember ini sukses menjadi anggota dewan. Meski begitu, dia tetap menjadi pebisnis tembakau dan cerutu. Dia berbisnis dengan perusahaan Kopa TTN yang bergerak di bidang ekspor Tembakau berdiri tahun 1990 dan Perusahaan Cerutu yaitu PT BIN berdiri tahun 2011 dan dirinya terlibat. Agusta menjelaskan sebagai pebisnis, terlebih anggota DPR, harus mempedulikan masyarakat. “Saya menjadi anggota DPR periode 2019-2024 dari Partai Demokrat,” ujar pria yang juga menjadi Direktur Umum dan SDM dan Organisasi olahraga Perkemi.

Di dunia bisnis maupun di dunia politik itu dinamis. Jika di dunia bisnis hal yang berkesan dialami ialah ketika Agusta masuk ke tempat kerja yang dimulai dari bawah meskipun salah satu pendiri perusahaan adalah Ayah dari Agusta. “Dimulai dari Mandor pada tahun 2000 kemudian pada tahun 2004 diangkat menjadi Direktur umum Sumber Daya Manusia (SDM),” katanya.

Selain itu, Agusta pernah menjadi Ketua Umum BPC HIPMI Jember Periode 2016-2019. Sekarang menjadi anggota Dewan Pembina BPD HIPMI Jatim, sekaligus Ketua Dewan Pembina BPC HIPMI Jember. Banyak tokoh berasal dari HIPMI seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, Surya Paloh, Bahlil Lahadalia, dan yang lainnya. “Saya banyak belajar dan berproses di HIPMI, karena kita langsung berdialog, belajar, berdiskusi sekaligus bisa menjalin jaringan bisnis dengan teman-teman se-Indonesia,” tuturnya.

Agusta menjelaskan ekspor cerutu di perusahaannya sudah sampai ke beberapa negara seperti Turki, Jepang, China, Australia, Taiwan dan sebagainya. Baginya, pekerja merupakan aset yang harus dijaga karena mereka bagian dari pekerja. Agusta ini, juga aktif di olahraga beladiri Shorinji Kempo dan sekarang memegang Sabuk Hitam III-DAN. Selain menjadi Pelatih, dia Pengurus Provinsi Jatim sekaligus pengurus di Pengkab Jember sebagai Wakil Ketua Majelis Sabuk Hitam. Pada waktu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022, Perkemi membawa lima medali yang terdiri dari 1 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Dia pun memotivasi para pemuda dalam peringatan Sumpah Pemuda ini. Dia berpesan untuk para pemuda lebih baik me­nyalakan lilin daripada mengutuki gelap. Maksudnya lebih baik berbuat sesuatu yang ada solusinya daripada hanya mengeluh. “Semangat para pemuda-pemudi saat ini sangat diperlukan untuk tombak kehidupan,” tegasnya. (mg1/c1/nur/kox)