Ingin Buat Perempuan Bahagia dan Sejahtera

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bondowoso

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Ingin meningkatkan kapasitas perempuan serta ada persatuan dan kesatuan organisasi wanita di Bondowoso, menjadi salah satu tujuan Gabungan Organisasi Wanita (GOW). Disisi lain tujuan berorganisasi untuk perempuan lebih berdaya, meningkatkan kapasitas supaya kesejahteraan meningkat. Tak hanya itu, keluarga dan masyarakat juga jadi lebih sejahtera. GOW tak hanya berkutat pada wanitanya tetapi juga ke masyarakat.

GOW beranggotakan 27 organisasi wanita yang berbeda serta non politik di Bumi Ki Ronggo. Didirikan sejak tahun 1964 silam, berbagai program kerja sudah dilakukan.
Nur Saidah Imron, Ketua GOW Bondowoso menyampaikan, keberadaan organisasi ini bertujuan untuk membuat para perempuan di Bondowoso bahagia , berdaya dan sejahtera.
Karena ketika perempuan bahagia, maka keluarga juga dinilai dapat bahagia dan tentunya akan mampu mewujudkan masyarakat yang bahagia. Sudah banyak kegiatan yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir. Meski selama ini masih hanya untuk lingkup internal saja. “Kami ingin meningkatkan pemberdayaan perempuan Bondowoso,” jelasnya.
GOW sendiri memiliki berbagai divisi, mulai dari kesehatan, hukum, politik, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Masing-masing divisi memiliki program kerja tersendiri. Oleh sebab itu, ketika ada permasalahan organisasi ini akan datang untuk melakukan advokasi. “Kami berharap bisa terlibat di semua lini atau elemen masyarakat,” katanya.

Selain itu, Nur Saidah menambahkan, GOW juga sudah melakukan berbagai giat bakti sosial. Seperti Pemeriksaan Kesehatan gratis, bekerjasama dengan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) cabang Bondowoso, serta mengadakan Bazar murah sembako dan membagikan pakaian layak pakai untuk masyarakat umum yang membutuhkan . Kedepan GOW akan melakukan Bakti sosial dengan mengunjungi Panti Jompo dan yayasan anak yatim piatu. “Selama ini kami mengadakan sosialisasi internal secara masif. Agar membuat perempuan menjadi tangguh,” imbuhnya.

Seperti kegiatan GOW yang sudah digelar, Jumat (23/12) lalu di alun-alun Bondowoso. Yakni menggelar senam bersama dan bazar murah sembako. Sementara itu, Mujiati Koordinator bidang organisasi, politik dan hukum GOW Bondowoso menyampaikan, GOW juga akan turut hadir dalam memberikan pendampingan kepada para perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan. Tentunya bekerjasama dengan sejumlah organisasi terkait lainnya. (ham/bud)