Sensasi Ngopi Robusta Rayap di Kaki Gunung Argopuro

Rollas Wisata Agro di Kemuning Lor, Arjasa, Jember

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Bagi warga di Kabupaten Jember dan  sekitarnya yang ingin berwisata dengan low budget, sangat tepat memilih keasrian agro wisata yang ditawarkan PTPN XII Afdeling Rayap. Destinasi wisata yang terletak di Dusun Rayap, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember ini terletak kurang lebih 16 kilometer dari pusat Kota Jember. Dengan ketinggian sekitar 400 – 450 MDPL di bawah kaki Gunung Argopuro ini menawarkan wisata agro dengan konsep Kampung Kopi.

Afdeling Rayap yang memiliki komoditas unggulan Kopi Robusta ini, menawarkan beberapa fasilitas wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Seperti Villa Rayap yang memiliki view perkebunan kopi yang indah dan asri. Memiliki kapasitas 33 bed dengan 5 kamar, villa ini memanjakan pengunjung yang menginap di sana dengan fasiltas free wifi dan welcome drink kopi atau teh khas Afdeling Rayap. Selain itu di villa tersebut juga terdapat gazebo, kolam renang mini, café, dan taman bunga.

Villa ini juga memiliki ruangan VIP yang bisa digunakan untuk kegiatan tertentu. Untuk biaya sewanya tidaklah terlalu mahal yaitu sekitar Rp 1,5 juta dengan jadwal check in pada pukul 07.00 pagi dan check out pukul 13.00 di keesokan harinya. Khusus untuk hari Senin hingga Kamis potongan harga spesial 10 persen untuk biaya sewanya. Selain villa terdapat tiga unit Wisma Robusta dengan masing-masing unit memiliki dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Memiliki view taman dan sungai yang berada pada belakang wisma, juga terdapat beberapa gazebo untuk tempat berkumpul dan spot selfie.

Bagi para kopi mania bisa juga menikmati kuliner Cafe Kampoeng Kopi yang merupakan salah satu fasilitas yang ada di wisata Agro Rayap, café ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Salah satu menu favorit pada café ini adalah Kopi Robusta produk dari PTPN XII Afdeling Rayap sendiri.

Untuk para pelajar dan mahasiswa Wisata Agro Rayap juga menyediakan paket edukasi budidaya dan pengolahan Kopi Robusta. Dalam paket ini akan diajak melihat secara langsung proses budidaya Kopi Robusta sampai dengan kopi siap untuk dikonsumsi. Paket ini tersedia untuk minimal 15 orang pengunjung dengan biaya Rp 20 ribu per orang.

Di Wisata Agro Rayap terdapat juga objek wisata lain yaitu Air Terjun Tunjung Langit. Akses menuju air terjun ini melalui jalur wisata Agro Rayap dengan jarak tempuh sekitar 3,5 kilometer. Selama perjalanan menuju air terjun akan disuguhi dengan pemandangan perkebunan kopi robusta PTPN XII Afdeling Rayap.

 

Jurnalis : Eka Rusdiana
Redaktur : Nur Hariri
Fotografer :  PTPN XII afdeling rayap FOR RADAR JEMBER
Design : Tri Joko Santoso