RT/RW Kelurahan se-Kaliwates Siap Jalankan Amanah Tanpa Kenal Lelah

Toleransi dalam Pelantikan Ketua RT-RW Kaliwates

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Suasana wilayah Kelurahan/Kecamatan Kaliwates gempar dengan pemandangan tak biasa, Jumat (15/10). Sebanyak 68 Ketua RT dan 18 Ketua RW dilantik untuk periode 2021-2024. Di balik momen itu ada kekompakan, sikap saling toleran antar umat beragama, serta bukti demokrasi yang dijunjung tinggi.

Menurut Ketua Forum RT/RW Kelurahan Kaliwates, Zaenul Hadi, SAg MPdI, pelantikan dilakukan dengan sarimbit (Suami Istri) berbusana Jas – Kebaya. Hal itu guna menambah keharmonisan keluarga karena ketua RT/RW kerap mengatasi permasalahan warganya. “Busana jas melambangkan tugas mulia Ketua RT/RW walaupun honornya masih Rp 300 ribu, tetapi tugasnya tidak kenal waktu dan lelah,” ucapnya. Sang istri pun turut mendampingi dengan pakaian kebaya muslim dan non muslim penyesuaian.

Dalam pengambilan sumpah jabatan berlangsung khidmad sesuai keyakinan masing-masing. Rohaniawan dari Kemenag Jember yakni ada Islam, Kristen Katolik, dan Kristen Protestan. “Ini melambangkan toleransi ummat beragama, penuh kerukunan,” jelasnya. Pada kesempatan itu dihadiri muspika beserta jajarannya, serta sejumlah undangan.

Camat Kaliwates Bambang Saputro SH MSi yang mewakili Bupati Hendy Siswanto berpesan agar kekompakan itu pertahankan. “Bantulah Pemerintah Kabupaten Jember agar masyarakat 100 persen tervaksin,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Kaliwates, Athur Robby Tantra SSP alumni STPDN mengungkap, selama menjadi lurah dan bertugas sebagai ASN di Jember, baru kali ini ada Pelantikan RT/RW berbusana Jas dan dilakukan dengan sarimbit. “Ini pertanda bahwa Kelurahan Kaliwates akan selalu guyub, rukun dan harmonis,” jelasnya.

Kapolsek Kaliwates Kompol Edy Sudarto SH MH yang memfasilitasi sewa gedung Garuda juga memberi pengarahan. “Setiap permasalahan sosial di masyarakat selama tidak kriminal, hendaklah diselesaikan bersama di tingkat RT/RW dengan didampingi tiga pilar,” jelasnya.

 

Jurnalis : Eka Rusdiana
Redaktur : Nur Hariri
Design : Tri Joko Santoso