MQK RMI NU Lahirkan Juara Baru Baca Kitab Fathul Qorib di HSN 2021

Santri dari Ponpes Al Bidayah Tegal Besar

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021, Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Kabupaten Jember mengadakan lomba membaca kitab Fathul Qorib Al Mujib karya Syeikh Ibnu Qosim Al Ghazi.

Ketua Panitia MQK RMI NU Muhammad Ulil Azmi SPdI, mengatakan turut senang karena moment tersebut bisa diadakan. “Perlombaan ini sangat dinantikan santri di Kabupaten Jember,” ungkapnya. Apalagi, selama pandemi kemarin hampir semua kegiatan harus ditunda atau tidak bisa dilaksanakan.

Kegiatan MQK RMI NU diadakan di Pondok Pesantren Nurul Islam, Senin (17/10). Peserta putra diikuti sebanyak 63 santri. Selain itu, ada 13 santri putra dari Ponpes Al Bidayah, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember yang turut berpartisipasi. “Mereka semua harus bersaing ketat dengan peserta dari beberapa pondok pesantren lainnya,” imbuh Ulil.

Salah satu santri Ponpes Al Bidayah yang berpartisipasi adalah M Ziwarul Fuadi. Santri yang biasa dipanggil Arul itu berhasil menyabet juara 1 tingkat Kabupaten Jember. Arul sendiri tinggal di Bedadung Kulon RT 02 RW 04, Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Jember.

Selama ini, Arul diketahui menimba ilmu di Ponpes Al Bidayah, yang diasuh Dr KH Abdul Haris MAg. Dipondok pesantren Arul rajin mengikuti kelas takhosus (kelas khusus) penguatan kitab kuning di pesantren dibawah bimbingan Ustadz Muhammad Hamdi ME dan usahanya dalam lomba tidak sia-sia. Arul berhasil meraih juara 1 dalam MQK RMI NU. Arul kini mampu membahagiakan keluarga dan membanggakan almamaternya. “Orang tua Arul Imam Sujoni dan Wahibatun Nafisah merasa bangga anaknya telah berhasil menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut.,” kata Ulil.

Jurnalis : Anton Nuryanto
Redaktur : Nur Hariri
Fotografer : MQK RMI NU FOR RADAR JEMBER
Design : Tri Joko Santoso