Modernisasi Jaringan KUB Desa Karangpring

BEM FEB Unej Jadi Penghubung ke Stakeholde

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Program Holistik Pengembangan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) disosialisasikan sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember (BEM FEB UNEJ). Kegiatan bina desa tersebut sebagai komitmen untuk pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUB), di Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Jember.

Dalam sosialisasi itu, BEM FEB Unej mengundang stakeholder di Kabupaten Jember, serta sejumlah pihak lain. Program yang digagas pun menarik perhatian dan mendapat sambutan hangat. Apalagi, kontribusi kegiatan untuk mengembangkan KUB yang didalamnya berisi Pawacika, Masyarakat Metani Kopi, dan Masyarakat Petani Mawar.

Acara itu, juga dihadiri pimpinan ataupun perwakilan Dinas Perhutani, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkop UMKM, Cabang Dinas Kehutanan Jawa Timur, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka), Koperasi KPRI UNEJ, Dekan FEB Unej, serta pemerintah desa setempat.

Ketua BEM FEB Unej, Muhammad Zainur menyampaikan, ada sejumlah permasalahan dalam pemasaran produk. Untuk itu, masyarakat didampingi agar ada goal yang jelas. “Supaya penjualan produk bisa berkelanjutan dan sampai ke konsumen. Selain melakukan pendampingan, kami juga akan melakukan modernisasi jaringan pemasaran serta mengembangkan banyak kemitraan,” katanya. Mahasiswa FEB berharap, programnya dilirik Pemkab Jember serta mendapat dukungan sebagai pilot project desa binaan. Produk di Desa Karangpring bisa menjadi produk khas unggulan Jember.

Program mahasiswa itu pun direspon baik dinas terkait. Gayung bersambut dari Dinkop UMKM Pemkab Jember juga memberi dukungan positif. “Kami siap memfasilitasi dan siap membantu kendala-kendala yang disampaikan terkait dengan pemasaran,” kata Sholeh, pegawai Dinkop UMKM.

Program PHP2D itu juga disambut baik oleh Pj Kepala Desa Karangpring, Hendra karena untuk tujuan pengembangan KUB di desanya. “Hampir setiap tahun ada perguruan tinggi yang melakukan kerjasama, KKN atau pun pengabdian, namun baru kali ini yang sepertinya sangat serius. Apalagi sudah menghadirkan banyak pihak dari berbagai dinas di Jember,” ujar Hendra. Kegiatan itu pun diharapkan dapat meningkatkan usaha-usaha KUB di desanya.

 

Jurnalis : Yuyun Sri Wartini
Redaktur : Nur Hariri
Fotografer : BEM FEB Unej For Radar Jember
Design : Tri Joko Santoso