Wes Wayahe Tamasya Keliling Jember

JEMBER, RADARJEMBER.ID – JIKA biasanya Bupati Jember Hendy Siswanto bepergian dengan mobil, ada yang berbeda Rabu (15/9) lalu. Bersama Wakil Bupati Jember MB Firjaun Barlaman, dirinya mengayuh becak berkeliling Alun-Alun Jember. Dengan masing-masing membawa satu penumpang, yakni pengayuh becak aslinya.

Ini dilakukan Hendy dan Gus Firjaun dalam rangka Hari Perhubungan Nasional. Ya, Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jember telah berupaya untuk memberdayakan para insan angkutan konvensional di Jember. Salah satunya dengan melakukan pelatihan para insan transportasi sebelum mengadakan peresmian angkutan wisata Jember. Mulai becak, ojek, lin kuning, dan angkutan konvensional lainnya.

Kepada Bupati Jember Hendy Siswanto dan jajarannya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember Siswanto menyatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan pelatihan bagi perwakilan 35 insan transportasi kota dan 15 insan transportasi desa pada Selasa (14/9) lalu. Di antaranya terkait dengan public speaking pemandu wisata, kebersihan, kesehatan, dan fotografi dengan menggunakan HP.

Sementara itu Bupati Jember Hendy Siswanto bersyukur atas inisiasi agenda tersebut. “Kegiatan ini dilaksanakan dengan berpikir bahwa potensi angkutan kita dapat dikolerasikan dengan wisata di Jember,” ujar Hendy. Harapannya, kegiatan tersebut dapat menjadi daya tarik bagi penduduk lokal maupun luar Kabupaten Jember.

Namun dia menegaskan bahwa Covid-19 masih ada. Jadi harus menjalankan tempat-tempat wisata dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. “Sosialisasikan terus, segera vaksin untuk syarat utama Jember menuju new normal,” paparnya.

 

Jurnalis : M. Isnein Purnomo
Redaktur : Lintang Anis Bena Kinanti
Fotografer : M. Isnein Purnomo
Design : Tri Joko Santoso